Saya bangga bisa menyapa muslim Amerika Serikat yang memberi kontribusi besar bagi pengayaan demokrasi kita dan memperkuat ekonomi kita.
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah kepada muslim Amerika Serikat dan di seluruh dunia. 

Dari situs www.whitehouse.gov, sebagaimana dikutip di Jakarta, Kamis siang, Obama menyatakan, "Michelle dan saya menyampaikan salam paling hangat bagi semua muslim yang merayakan Idul Fitri. Selama sebulan penuh, umat muslim menjalankan ibadah mereka berpuasa dan menghabiskan waktunya dengan orang-orang yang mereka sayangi," kata Obama.

Pada tahun ini, kata Obama, "Saya bangga bisa menyapa muslim Amerika Serikat yang memberi kontribusi besar bagi pengayaan demokrasi kita dan memperkuat ekonomi kita." 

"Banyak dari kita yang beroleh kesempatan berbuka puasa dengan kolega-kolega muslim kita, satu tradisi yang mengingatkan kita betapa banyak berkat yang kita peroleh selama ini; juga tentang kasih kita kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung," kata Obama.

Mereka termasuk jutaan warga Suriah yang melewatkan bulan Ramadhan jauh dari kampung halaman, keluarga, dan orang-orang yang mereka sayangi. 

Terkait itulah, kata dia, pemerintah Amerika Serikat menambah 195 juta dolar Amerika Serikat bantuan kemanusiaan ke sana, sehingga secara total Amerika Serikat telah menyalurkan dana bantuan sebanyak 1 miliar dolar Amerika Serikat sejak krisis pecah di Suriah.

"Bagi jutaan muslim Amerika Serikat, Idul Fitri adalah bagian dari banyak sekali tradisi luhur negara ini. Dan saya berharap perayaan Idul Fitri ini berlangsung dalam penuh berkat dan kegembiraan," kata Obama. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013