Wali Kota New York hadiri shalat Id

Wali Kota New York hadiri shalat Id

Walikota New York, Michael Bloomberg (istimewa)

New York (ANTARA News) - Wali Kota New York, Michael Bloomberg, pada Kamis untuk pertama kalinya hadir dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri di Jamaica Muslim Center, yang dipimpin oleh imam asal Indonesia, Syamsi Ali.

Shalat yang dilaksanakan di sepanjang ruas jalanan tersebut diikuti oleh sekitar 17.000 warga --sebagian besar berasal dari Timur Tengah, dalam dua gelombang.

Sementara itu, masjid yang dikelola oleh masyarakat Indonesia di New York, Masjid Al-Hikmah, pada hari yang sama dipadati oleh hampir 3.500 orang yang melaksanakan shalat Id, juga dalam dua gelombang.

"Ya betul, kehadiran beliau (Bloomberg) memang baru pertama kalinya dalam sejarah pelaksanaan shalat Idul Fitri di Kota New York ini. Alhamdulillah dia ikut mendengarkan khutbah," kata Syamsi Ali, yang menjabat sebagai Direktur JMC, ketika menjawab pertanyaan Antara.

Tidak hanya mendengarkan khutbah, ungkap Syamsi, Wali Kota New York yang akan mengakhiri masa jabatannya pada bulan September itu, juga berdiri tepat di belakang Syamsi mengikuti prosesi shalat Id.

Syamsi merupakan salah satu pemuka agama Islam di Amerika Serikat, khususnya New York, yang kerap memajukan dialog antaragama.

Bloomberg dan sejumlah pejabat Kota New York-- hadir di JMC untuk memenuhi undangan Syamsi.

Saat menyampaikan pesan dalam kesempatan itu, Bloomberg memuji masyarakat Muslim yang dinilainya selalu taat mengikuti peraturan hukum serta memberikan kontribusi yang tidak kecil terhadap masyarakat New York secara keseluruhan.

Bloomberg juga menyampaikan terima kasih untuk kerja sama baik yang telah diberikan masyarakat Muslim, termasuk selama era kepemimpinannya.

Sementara itu, Syamsi Ali yang pada Kamis pagi bertindak sebagai imam shalat Id, dalam khutbahnya antara lain mengajak masyarakat Muslim agar berperan aktif dalam bidang politik, menaati hukum serta berintegrasi dengan masyarakat luas lainnya dari berbagai latar belakang agama dan kepercayaan.

Pesan yang sama juga ia sampaikan ketika memberikan ceramah usai memimpin shalat Id di Masjid Al Hikmah, tak lama setelah pelaksanaan shalat Id di JMC berakhir.

Penentuan jatuhnya Hari Idul Fitri 1434 Hijriyah secara serentak pada hari yang sama membuat kompleks masjid Indonesia yang berlokasi di Astoria, Queens, itu dipadati lebih banyak orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Syamsi, yang merupakan Ketua Dewan Masjid Al Hikmah, gelombang pertama shalat pada hari Kamis itu diikuti oleh sekira 3.000 anggota jamaah, sementara gelombang kedua sekira 400 orang.

Pelaksanaan shalat Id di masjid Indonesia dihadiri oleh pemuka kota New York lainnya, John Liu, yang saat ini menjabat sebagai New York City Comptroller dan juga merupakan kandidat dalam pemilihan walikota New York tahun 2013.

Selain itu, shalat Id juga diikuti oleh Duta Besar Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Desra Percaya, dan Konsulat Jenderal RI di New York, Ghafur Akbar Dharmaputra.

Seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya, Konjen RI pada Kamis siang hingga sore mengadakan acara halal bi halal, yang juga dipadati oleh masyarakat Indonesia maupun asing.

Dalam acara yang dihadiri oleh setidaknya 900 orang itu, Konjen Gafur yang menjadi tuan rumah menyajikan berbagai masakan khas lebaran maupun makanan khas Indonesia lainnya, seperti Lontong Sayur, Opor Ayam, Rendang, Telur Pindang, Asinan Betawi, Lapis Legis, Risoles, Getuk dan Rengginang.

Menurut rencana, Duta Besar Desra Percaya juga akan melakukan `Silaturahim Idul Fitri" di kediamannya di kawasan New Rochelle, New York, pada Sabtu ini. (T008/Z002)

Pewarta: Tia Mutiasari
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Muslim di Ponpes Mahfilud Dluror Jember lebaran hari ini

Komentar