...rencananya akan dilakukan pada 13 atau 14 Agustus 2013."
Timika (ANTARA News) - Kepolisian Resor Mimika, Papua, akan menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Cartensz, satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dalam rangka memeriahkan peringatan ke 68 HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kapolres Mimika, AKBP Jermias Rontini kepada ANTARA di Timika, Minggu, mengatakan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih sekaligus pembersihan sampah di kawasan Puncak Cartensz rencananya akan dilakukan pada 13 atau 14 Agustus 2013.

Kegiatan itu rencananya akan dihadiri langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Polisi Tito Carnavian.

"Kami dari Kepolisian Resor Mimika dengan dukungan penuh dari Bapak Kapolda Papua akan menyelenggarakan upacara sederhana mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Cartensz. Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI sekaligus untuk memperkenalkan obyek wisata Cartensz," jelas Rontini.

Tim yang akan dilibatkan dalam kegiatan itu, terdiri atas sejumlah anggota Brimob Detasemen B Polda Papua, masyarakat sekitar kawasan Puncak Cartensz dan sejumlah personel dari PT Freeport Indonesia yakni Departemen Lingkungan, RS SOS Tembagapura, Emergency Response Grup dan Departemen Security Risk & Manajemen.

Dalam rangka persiapan pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Cartensz, hari ini Minggu 11 Agutus 2013 Tim Polres Mimika bersama PT Adventure Cartensz berangkat menuju puncak tertinggi di Papua dan Indonesia itu untuk melakukan aklimatisasi atau penyesuaian suhu dan cuaca.

"Kalau saat itu cuacanya bagus maka Bapak Kapolda Papua akan terbang dengan helikopter ke kawasan Puncak Cartensz. Di sana sudah menunggu tim kita yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih," jelas Rontini.

Usai upacara singkat pengibaran Bendera Merah Putih, rombongan akan melanjutkan dengan kegiatan pembersihan sampah di lokasi yang hingga kini masih ditutupi oleh salju abadi tersebut. Sampah dari Puncak Cartensz nantinya akan diangkut dengan helikopter.

Direktur PT Adventure Cartensz, Maximus Tipagau mengatakan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Cartensz sangat berarti bagi masyarakat kawasan Puncak Cartensz dan juga untuk pengembangan pariwisata di lokasi tersebut.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013