Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat mengumumkan 17 nama komite konvensi yang akan menyelenggarakan konvensi calon presiden Partai Demokrat.

Nama-nama tersebut diumumkan oleh Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik, di Jakarta, Minggu malam, didampingi oleh Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan, Ketua Dewan Pembina EE Mangindaan, Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin dan Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat Suaedi Marasabessy.

Tujuh belas nama tersebut ditetapkan melalui Keputusan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat nomer 19/2013 tentang pembentukan komite konvensi calon presiden Partai Demokrat. Komite konvensi terdiri dari 10 nama dari independen dan tujuh dari kader partai demokrat.

Komite konvensi diketuai oleh mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni, wakil ketua dijabat mantan Ketua KPK Taufikurrahman Ruki. Sementara Suaidi Marasabessy menjadi sekretaris komite konvensi serta Andi Timo Pangerang sebagai bendahara komite konvensi.

Sedangkan anggota lainnya Soegeng Sarjadi, Margiono, TP Rachmat, Effendy Gazali, Christianto Wibisono, Indrawaty Sukadis, Didi Irawadi Syamsuddin, Hinca Panjaitan, Wisnu Wardhana, Putu Suasta, Humprey R Djemat, Charis Rully dan Vera Febyanthy.

Menurut Jero, dipilihnya Maftuh Basyuni sebagai ketua komite karena dinilai kredibel dan netral. "Maftuh Basyuni, bekas menteri agama dianggap netral, negarawan, kredibel, bijak, kita harapkan beliau bisa menjalankan komite degan baik dengan jujur," katanya.

Ia menambahkan, struktur organisasi komite konvensi yang lebih teknis dan rinci dibuat oleh ketua komite, dengan mempertimbangkan saran anggota. Sementara komite konvensi wajib berpegang teguh pada Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat dan tata tertib yang dibentuk majelis tinggi partai.

Jero menegaskan bahwa komite konvensi yang akan dilaksanakan oleh Partai demokrat tidakah main-main dan serius. "Saya juga diminta menjelaskan konvensi Partai Demokrat ini serius," katanya.

(M041)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013