Jadi daging masuk ke Jakarta itu sudah bersih..."
Jakarta (ANTARA News) - Walikota Jakarta Pusat, Saefullah, berharap bahwa pengusaha Rumah Potong Hewan (RPH) di Tanah Abang bersedia dipindahkan ke lokasi yang berada di pinggir atau luar kota Jakarta.

Saefullah menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan dua rencana untuk memindahkan RPH yang letaknya berbarengan dengan pasar daging dan penjual barang lainnya.

"Masih ada beberapa hal terkait rumah potong seperti lokasi RPH sementara atau dipindah langsung," kata Saefullah di Balaikota DKI Jakarta, Senin.

Dia menyebutkan bahwa untuk RPH sementara, dirinya sudah menyiapkan lokasi di Jalan Sabeni. Pemilihan lokasi tersebut, kata Saefullah, karena di sana sudah tersedia pasar kambing serta pasar inpres.

"Kalau AMDAL-nya bisa saya rasa bisa. Areanya sudah cukup kok," katanya.

Rencana selanjutnya, menurut Saefullah yakni memindahkan RPH ke pinggir atau luar Jakarta. Dia menyebutkan pemindahan tersebut mampu menaikkan ekonomi para pemotong serta distributor daging.

"Rencana kedua saya ajak mereka untuk perbaikan ekonomi dengan keluar Jakarta. Jadi daging masuk ke Jakarta itu sudah bersih," katanya.

Dia menyebutkan bahwa lahan di luar atau di pinggir Jakarta tersebut sudah ada, hanya menunggu kemauan dari pihak RPHnya. Dia bahkan mengatakan sudah menyiapkan lahan untuk relokasi RPH tersebut.

"Di Marunda lahannya masih banyak," katanya.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013