... masih bertahan di Pulau Palue, mereka enggan dievakuasi... "
Kupang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menambah bantuan logisltik serta bantuan sosial lainnya bagi warga korban letusan Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Flores.

"Bantuan itu berupa beras lima ton, pakaian layak pakai, makanan siap saji, obat-obatan, serta bantuan lain," kata Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Frans Salem, di Kupang, Senin.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, NTT, menyemburkan abu vulkanik panas sekitar pukul 04.00 WITA Sabtu (10/8). Letusan ini, menurut sejumlah warga setempat, lebih besar ketimbang yang terjadi pada Juni lalu. 

Menurut Salem, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, langsung menyerahkan bantuan itu dalam tinjauan langsung ke lokasi bencana pada Selasa  besok (13/8), memakai helikopter TNI AD.

Warga setempat masih bertahan di Pulau Palue, mereka enggan dievakuasi ke Maumere, ibukota Kabupaten Sikka, dan sejumlah daerah aman lainnya.

Hal ini kata dia, untuk memenuhi sejumlah kesulitan warga korban letusan yang masih bertahan di rumah-rumah di daerah itu. "Ini bantuan tanggap darurat, selain juga akan diberikan kepada para pengungsi yang saat ini sudah di luar daerah berbahaya itu," kata Salem.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013