... gosokkan dua mutiara, kalau terasa ada 'unsur' pasirnya maka itu asli, kalau rasanya seperti plastik tandanya palsu... "
Jakarta (ANTARA News) - Sepintas asli tapi palsu; itulah yang diedukasi kepada masyarakat dalam Indonesian Pearl Fertival, di Jakarta, yang dimulai hari ini, yaitu cara membedakan mutiara asli dan palsu. 

Begitu banyak mutiara imitasi atau pun mutiara air tawar yang diperdagangkan di Indonesia terkadang membuat para penggemar perhiasan mutiara kesulitan membedakan mutiara asli dan palsu.

Tips dan trik cara mengetahui mutiara asli atau palsu dibeberkan pada Indonesian Pearl Festival  di Hotel Hyatt Arya Duta itu. Salah satu pengusaha mutiara, Ric Tenggara, mengatakan salah satu cara paling mudah adalah menggosok mutiara langsung dengan tangan. 

"Coba gosokkan dua mutiara, kalau terasa ada 'unsur' pasirnya maka itu asli, kalau rasanya seperti plastik tandanya palsu," kata Tenggara.

Mutiara kualitas nomor satu saat ini dibanderol dengan harga 200 dolar Amerika Serikat perbutir. Naik 50 dolar Amerika Serikat dari tahun sebelumnya.

Indonesian Pearl Festival merupakan ajang pameran komoditas unggulan Indonesia salah satunya adalah South Sea Pearl yang digemari di pasar internasional.

Indonesian Pearl Festival 2013 yang digelar  Direktorat Jenderal P2HP dan Asosiasi Budidaya Mutiara (Asbumi) akan dilaksanakan lima hari 2-6 Oktober 2013 di Merak Room, Jakarta Convention Center.

Sebanyak 66 gerai pelaku usaha South Sea Pearl Indonesia dari Australia, akan memamerkan produknya.

Selain bincang-bincang pengenalan dan pemilihan mutiara, dalam acara tersebut juga akan ada peragaan perhiasan mutiara oleh puteri mutiara, puteri bahari, dan para istri duta besar negara-negara sahabat. 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013