Pembeli paling banyak datang dari dalam dan luar negeri seperti dari Prancis, Hongkong, dan Dubai."
Jakarta (ANTARA News) - Transaksi pada pameran mutiara "Indonesian Pearl Festival 2013" ditargetkan mencapai Rp20 milyar.

"Target transaksi tersebut pasti tercapai karena harga mutiara sedang bagus-bagusnya yakni bisa mencapai 200 dolar Amerika Serikat (AS) per gram-nya," kata Direktur Direktorat Pengembangan Produk Nonkonsumsi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Maman Hermawan, di Jakarta, Selasa.

Transaksi tersebut diperkirakan akan bertambah lebih banyak usai pameran karena biasanya pembeli akan melakukan transaksi setelah melakukan pengamatan saat pameran.

"Pembeli paling banyak datang dari dalam dan luar negeri seperti dari Prancis, Hongkong, dan Dubai," katanya.

Indonesian Pearl Festival sendiri merupakan acara tahunan yang selalu sukses menarik minat para pecinta mutiara.

Pada pelaksanaannya yang pertama pada 2011, Indonesian Pearl Festival mencatat nilai transaksi hingga Rp7 miliar, melampaui target sebesar Rp5 milliar.

Pada tahun kedua, nilai transaksi mencapai Rp15 miliar, melampaui target nilai transaksi sebesar Rp10 milliar.

Maman mengatakan meski kondisi perekonomian saat ini sedang tidak baik karena terkait kenaikan BBM, namun diprediksi kemampuan membeli para pecinta mutiara tidak akan turun.

"Pembeli mutiara, terutama mutiara Indonesia yang ber-grade A tidak akan terpengaruh dengan kondisi ekonomi, apalagi kebanyakan mereka adalah kolektor," katanya.

Biasanya, mutiara yang paling laku setiap kali pameran adalah mutiara-mutiara berwarna emas atau "golden".

"Itu yang paling populer saat ini, dan yang paling banyak diburu karena kualitasnya yang bagus dan warnanya yang unik," kata Maman.

Satu butir mutiara golden bisa dihargai hingga 100 dolar Amerika Serikat.

Indonesian Pearl Festival diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal P2HP, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (DWP-KKP) dan Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (ASBUMI) bekerjasama dengan PT. Rajawali Pacific Internusa.

Acara yang dilaksanakan pada 2-6 Oktober 2013 akan mengangkat tema “Hidden Treasure of Papua” dengan konsep desain acara bertemakan Papua sebagai salah satu penghasil South Sea Pearls di Indonesia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013