Ini juga merupakan hasil kerja keras teman-teman di lapangan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, arus balik pada Lebaran tahun ini berjalan lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya, berkat pengaturan yang baik.

"Penyelenggaraan arus dibandingkan tahun lalu, arus balik Lebaran tahun ini lebih tertib dan lebih lancar," katanya di Jakarta, Selasa.

Banyak pemudik, kata Mangindaan, juga mengaku bahwa arus balik tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.

Untuk itu, Menhub juga mengutarakan harapannya agar sejumlah infrastruktur dapat ditingkatkan kapasitasnya pada tahun mendatang guna dapat melayani para pemudik lebih lancar lagi.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyatakan bahwa pergerakan arus mudik pada Lebaran 2013 berjalan relatif lancar serta beragam instansi terkait juga siap dalam menghadapi arus balik.

"Penyelenggaraan angkutan lebaran 2013 untuk arus mudik relatif berjalan dengan lancar tanpa halangan berarti," kata Bambang Susantono.

Menurut Bambang, lonjakan berarti dalam arus mudik khususnya di transportasi jalan terjadi pada saat H-4 dan H-3, dimana puncaknya terjadi pada H-3 yaitu Senin (5/8).

Ia berpendapat terjadinya persebaran arus mudik yang merata di semua jalur juga berkontribusi kepada kelancaran arus mudik karena tidak terjadi pembebanan puncak di jalur pantai utara Jawa (Pantura) yang selama ini jadi tumpuan jalur mudik.

Selain itu, ujar dia, tersebarnya arus kendaraan juga disebabkan langkah pelaksanaan sistem buka tutup yang tepat dan terkoordinasi dengan posko-posko di lapangan.

"Ini juga merupakan hasil kerja keras teman-teman di lapangan," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013