Jakarta (ANTARA News) - Pangeran George, putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton membuat catatan sejarah di Selandia Baru. Untuk pertama kalinya dalam 170 tahun, Pos Selandia Baru akan menerbitkan prangko khusus untuk memperingati kelahiran sang bayi kerajaan Inggris.

Pos Selandia Baru mengungkapkan bahwa sebelumnya anak-anak kerajaan sudah pernah tampil dalam bentuk prangko, namun ini adalah pertama kalinya ada terbitan khusus untuk memperingati kelahiran.

Pangeran George bersama orangtuanya, Duke dan Duchess of Cambridge tampil dalam prangko tersebut. Seperti dikutip dari laman TVNZ, foto yang digunakan untuk prangko adalah foto yang diambil di luar Lindo Wing Rumah Sakit St Mary, London, sehari setelah George lahir pada 23 Juli silam.

"Kelahiran Pangeran George adalah event global dan Selandia Baru sangat gembira menyambut kedatangannya, jadi tentu saja dia pantas memiliki prangko sendiri," kata juru bicara Pos Selandia Baru, Simon Allison.

Koin edisi terbatas juga akan diterbitkan sehubungan dengan kelahiran bayi kerajaan.

"Setelah Pangeran diberitakan telah lahir, kami segera bekerja untuk mengeksekusi rencana untuk menyelesaikan penerbitan prangko dan koin," tambah Allison.

Menurut Pos Selandia Baru, Ratu, Duke dan Duchess of Cambridge "secara pribadi menyetujui" foto yang dipakai.

Prangko dan koin tersebut mulai tersedia sejak 11 September mendatang. (*)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013