Dubes kunjungi WNI di penjara Abu Dhabi

Dubes kunjungi WNI di penjara Abu Dhabi

Ilustrasi--Sejumlah tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia berada di mes penampungan, di KBRI Abu Dhabi. (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UAE), Salman Al Farisi, staf dan pengurus Dharma Wanita KBRI Abu Dhabi mengunjungi lembaga pemasyarakatan Al Wathba untuk berbagi simpati dan empati di hari kemerdekaan kepada warga negara Indonesia yang tidak beruntung mengikuti perayaan HUT RI ke-68.

Keterangan KBRI Abu Dhabi yang diterima di Jakarta Sabtu menyebutkan sebanyak 16 WNI mendekam di lembaga pemasyarakatan tersebut.

Kunjungan seperti itu dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Kemerdekaan RI.

Namun jumlah WNI yang ditahan di al Wathba berkurang dari rata-rata 40 dan 60 orang. Hal ini terkait dengan amnesti yang diberlakukan pada awal tahun oleh pemerintah UAE. Otoritas setempat sangat kooperatif dengan KBRI Abu Dhabi dalam proses pemulangan WNI bermasalah sehingga WNI tidak perlu mendekam terlalu lama di penjara.

Kebanyakan dari mereka berasal dari sejumlah kota di Provinsi Jawa Barat. Para WNI itu memeperoleh kaos bertuliskan HUT RI ke-68, uang sejumlah Dh100 (setara dengan Rp250.000) dan berbagai majalah.

KBRI Abu Dhabi menyelenggarakan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus 2013 di halaman keduataan dan tepat pukul 6.30 pagi waktu setempat, upacara dimulai. Warga masyarakat Indonesia di wilayah emirat Abu Dhabi telah mulai berdatangan untuk mengikuti upacara sejak sebelum upacara dimulai.

Sekitar 150 peserta upacara yang terdiri atas seluruh staf KBRI Abu Dhabi, warga masyarakat Indonesia dan para TKW bermasalah yang berada di penampungan KBRI Abu Dhabi mengikuti seluruh rangkaian upacara dengan khidmat.

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Presiden lantik Salman al Farisi jadi Dubes Afsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar