Kelas menengah adalah kelompok yang sadar akan pentingnya kesehatan
Semarang (ANTARA News) - Presiden Direktur SOHO Group, Marcus Pitt menyatakan industri farmasi di Indonesia saat ini sedang bergairah menjelang penerapan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Dalam setengah tahun ini saja pertumbuhan industri farmasi di Indonesia tumbuh 10 persen," kata  Marcus Pitt di Semarang, Senin.

Selain itu, Marcus mengatakan bertumbuhnya kelas menengah juga menjadi faktor meningkatnya gairah industri farmasi.

"Kelas menengah adalah kelompok yang sadar akan pentingnya kesehatan, mereka lebih cenderung mencegah dari pada mengobati," katanya.

SOHO Group sendiri sudah mengambil beberapa langkah guna memenangkan kompetisi dalam industri farmasi, seperti menjalin kerja sama joint venture dengan perusahaan multiinternasional.

SOHO Group bekerja sama joint venture dengan Fresenius Kabi terutama dalam produksi obat-obat injeksi generik, obat-obat onkologi, dan larutan infus.

Saat ini SOHO Group sedang membangun pabrik baru seluas 20 hektare di Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Di mana, lima hektar dari keseluruhannya akan difokuskan untuk produksi JV.

Dengan adanya JV tersebut diperkirakan akan menambah produksi 20-30 persen dari kapasitas produksi yang sudah di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013