Perjuangan mereka luar biasa. Memang mereka kalah, tapi yang terpenting adalah proses dalam permainan itu sendiri."
Jakarta (ANTARA News) - Langkah tim sepak bola Indonesia di Asia Youth Games (AYG) 2013 tertahan Korea Utara setelah pada pertandingan perempat final di Nanjing, China, Senin, anak asuh Zainal Abidin itu menyerah 2-3.

Pada pertandingan penentuan untuk melaju ke semifinal itu Tim Merah Putih bahkan sempat tertinggal 0-3. Namun, tingginya semangat juang Rizky Aprilia Wibisono membuat lawan kerepotan terutama di 15 menit terakhir.

Rizky Aprilia Wibisono pada menit 61 mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 dan enam menit berselang giliran Riki mampu menciptakan gol. Sedangkan gol lawan tercipta oleh Solsong Ri pada menit 27, Jon Yongsong menit 31 dan Kim Jisong menit 48.

Kekalahan yang didapat oleh Tim Merah Putih ini cukup disayangkan oleh pelatih Zainal Abidin. Apalagi kekalahan yang diterima cukup tipis. Meski demikian, pihaknya tetap mengapresiasi perjuangan tim muda Indonesia ini.

"Perjuangan mereka luar biasa. Memang mereka kalah, tapi yang terpenting adalah proses dalam permainan itu sendiri," kata Zainal Abidin.

Di babak pertama, kata dia, banyak pemain yang sering melakukan kesalahan sendiri dan kondisi itu dimanfaatkan dengan baik oleh lawan. Akhirnya lawan mampu menciptakan gol dengan mudah.

"Komunikasi di belakang antara Fardhan Wijaya dengan Mh Hafidz Firman dimana saat gol pertama terjadi kurang begitu baik hingga lawan dengan mudah menembus pertahanan. Lalu gol kedua, akibat penjaga gawang tidak sabaran dan bergerak ke depan untuk menangkap, tapi ternyata bola kena kepala dan menuju ke gawang," kata Zainal menjelaskan.

Meskipun kalah, Zainal Abidin mengaku puas dengan permainan timnya, karena dengan kondisi kalah postur dan hujan deras, tapi pemain bisa "fight". Semua pemain bermain habis-habisan terutama di babak kedua.

"Di babak kedua kita sudah mengantisipasi permainan lawan, hingga mereka (Korea) tidak memiliki peluang lagi untuk membuat gol. Hujan sendiri menjadi keuntungan bagi kita yang beberapa hari bermain dalam kondisi cuaca sangat panas," katanya menegaskan.

Indonesia pada AYG 2013, 16-26 Agustus mengirimkan 104 atlet dan turun di 13 dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pesta olahraga bagi atlet usia di bawah 18 tahun ini merupakan pijakan bagi atlet untuk turun di Youth Olympic Games 2014. (B016/D011)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013