...ditopang oleh tingginya investasi di sektor industri serta konsumsi dalam negeri..."
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Sekjen Kemenperin) Ansari Bukhari mengatakan pertumbuhan sektor industri logam dasar, besi, dan baja mengalami kenaikan signifikan pada semester I 2013 yaitu 12,74 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan kumulatif industri pengolahan nonmigas yaitu 6,58 persen.

"Pertumbuhan sektor industri logam dasar, besi dan baja yang tinggi tersebut ditopang oleh tingginya investasi di sektor industri serta konsumsi dalam negeri, sehingga memberikan optimisme di tengah melemahnya pasar ekspor," kata Ansari Bukhari di Jakarta, Selasa.

Menurut Ansari, investasi dan konsumsi dalam negeri yang tinggi itu menunjukkan perekonomian Indonesia masih tetap tumbuh dengan industri sebagai penggeraknya meskipun pasar ekspor di negara-negara mitra utama masih lemah.

Ansari mengatakan negara-negara maju memiliki industri logam yang maju dan modern, khususnya industri besi baja. Besi baja merupakan material utama pembangunan infrastruktur, gedung, bangunan hingga jalan dan jembatan.

"Itu merupakan keuntungan sekaligus tantangan bagi industri baja nasional kita yang memiliki pangsa pasar besar baik di domestik maupun internasional," tuturnya.

Menurut Ansari, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Basis Industri Manufaktur terus meningkatkan daya saing industri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2013 melalui program hilirisasi industri mineral.

"Dengan program hilirisasi tersebut, diharapkan investasi di bidang pengolahan berbasis mineral dan logam di Indonesia dapat mempercepat peningkatan daya saing industri logam nasional," ujarnya.

Ansari membacakan sambutan Menteri Perindustrian MS Hidayat pada pembukaan Pameran Kemampuan Industri Material Dasar Logam yang diadakan di Gedung Kementerian Perindustrian. Pameran yang diikuti 37 perusahaan dan dua asosiasi  itu berlangsung pada 20-23 Agustus 2013.

Pameran tersebut menampilkan beberapa produk unggulan industri seperti besi spons, "copper cathode", alumunium ekstrusi, baja lapis seng, pipa baja, kompor gas, pintu baja, atap baja ringan, tangki air, produk rumah tangga dan lain-lain.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013