Jakarta (ANTARA News) - Pegulat Sumo yang memiliki berat badan hingga 200 kg memiliki cemilan yang cukup istimewa yakni Chanko Nabe.

Chanko Nabe merupakan gabungan berbagai jenis makanan yang dicampur dalam sebuah panci besar. Isi makanan terdiri dari nasi, tahu, gorengan, rebusan, sayuran, daging, ikan dan masih banyaj lagi.

"Ini makanan spesial pegulat Sumo," kata Takuji Yoshida, promotor turnamen SUMO internasional, di Jakarta, Rabu.

Pegulat Sumo harus melahap 8.000 kalori setiap harinya karena penggemukan diri, kata Yoshida, sangat penting bagi pegulat SUMO.

"Tetapi makanan yang paling penting untuk mereka nasi. Mereka harus makan banyak nasi. Pegulat SUMO biasanya makan saat siang hari. Mereka ditempa latihan sejak pagi namun tidak diberi sarapan sehingga saat mereka makan siang seusai latihan, mereka akan makan yang banyak.

Sumo bukan sekedar olahraga tetapi juga salah satu tradisi budaya asli serta kegiatan spiritual yang diadakan di Jepang dan sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu.

Sebanyak 40 pegulat Sumo dari berbagai negara akan hadir di kejuaraan SUMO internasional di Istora Senayan pada 24-25 Agustus 2013. Terdapat beberapa pegulat SUMO ternama seperti Baruto dari Estonia yang memiliki berat 188 kg, dan Yokozuna Asashoryu dari Mongolia.

Pewarta: Monalisa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013