Saya kira untuk maritim, kita sudah mengalami kemajuan, tapi memang perlu kesabaran,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Maritime Institute (IMI) melakukan kunjungan ke Kementerian Perdagangan yang diterima Mendag Gita Wirjawan, di Jakarta, Rabu.

Keterangan tertulis Humas IMI menyebutkan, kunjungan pengurus IMI antara lain melakukan diskusi tentang strategi maritim Indonesia kedepan dengan Mendag.

Diskusi yang berlangsung sekitar dua jam ini berlangsung hangat. Gita secara gamblang membahas berbagai issu tentang maritim, khususnya kesiapan Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

Gita juga banyak memberikan pemikiran-pemikiran strategis bagi upaya pengembangan sektor maritim kedepan, diantaranya sinkronisasi kebijakan maritim nasional, perbaikan infrastruktur maritim, optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan potesi ekonomi maritim Indonesia yang nilainya sangat besar.

"Saya kira untuk maritim, kita sudah mengalami kemajuan, tapi memang perlu kesabaran," katanya.

Gita Wirjawan juga mengatakan bahwa pemerataan pembangunan nasional bisa tercapai dengan baik jika infrastruktur maritim bisa segera ditingkatkan.

"Sehingga distribusi logistik nasional dan internasional bisa berjalan dengan baik, dengan demikian perdagangan dalam negeri dan luar negeri bisa semakin meningkat," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif IMI Dr Y Paonganan mengapresiasi wawasan dan strategi serta visi maritim Gita Wirjawan. "Jika saja pemimpin bangsa ini memiliki wawasan maritim yang baik, tentu proses kemajuan bangsa ini akan signifikan," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013