Jakarta (ANTARA News) - Seniman Sujiwo Tejo tertarik untuk mengulik sisi lain dari tokoh Rahwana, sosok di dunia wayang yang menculik Shinta, bertajuk "Maha Cinta Rahwana".

Rahwana yang memiliki sepuluh kepala selama ini dikenal sebagai tokoh antagonis karena menculik Shinta dari Rama. Sujiwo Tejo tertarik melihat cinta agung Rahwana kepada Shinta dari sudut pandang yang lain.

"Rahwana nggak sepenuhnya salah. Belum tentu Rahwana culik Shinta. Siapa tahu Shinta yang minta diculik," kelakar seniman yang terkenal dengan celotehnya yang nyentrik.

Ia mengaku tertarik untuk mengeksplorasi kebenaran-kebenaran yang dimiliki Rahwana dan Rama. Ia mengutip percakapan Rahwana dengan Batara Narada ketika Rahwana akan memenggal kepalanya yang terakhir.

Rahwana berkeluh kesah pada sang Batara karena dirinya merupakan kegelapan bagi dunia. Rahwana setuju dengan sang Batara untuk tidak memenggal kepalanya dengan syarat ia meminta kekuatan tak terkalahkan dan Dewi Widowati, yang menitis pada Shinta.

"Rama punya kebenaran karena Shinta istrinya. Tapi bagaimana dengan janji dewata?," lanjutnya.

Meskipun bertajuk konser, pagelaran ini nantinya akan memuat lagu, tari, drama, sastra, dan tentu wayang, bidang yang digeluti Sujiwo Tejo selama ini. Bekerja sama dengan Alex Noor yang bertindak sebagai sutradara, lagu-lagu yang dibawakan para penampil akan membangun jalinan cerita cinta Rahwana kepada Shinta.

"Ketika menonton konser, penonton harus mendapat pengalaman lebih dari ketika ia mendengarkan CD. Bagaimana imaji dalam tembang itu membangun suasana cinta agung Rahwana kepada Shinta," kata Alex saat jumpa media di Cikini, siang ini.

Singkatnya, jelas Alex, "Maha Cinta Rahwana" merupakan konser musik yang menampilkan lagu-lagu Sujiwo Tejo, disusun dengan pengisahan wayang di mana Sujiwo Tejo bertindak sebagai dalang.

"Siapa yang menjadi Rahwana, nanti kita lihat," katanya.

Konser berdurasi dua jam ini akan didukung penampilan dari Glenn Fredly, Anji, Syaharani, Butet Kartaredjasa, Sruti Respati, Putri Ayu, Sitok Srengenge, Tya Subiakto, Joshua Pandelaki, dan Trio GAM (Joned, Gareng, Wisben).

"Maha Cinta Rahwana" akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada 30-31 Agustus. Tiket dijual mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013