Ramallah, Wilayah Palestina (ANTARA News) - Seorang pejabat senior Palestina menuduh Israel  mencegah Amerika Serikat berperan serta dalam pembicaraan perdamaian.

"Pihak Amerika tak ikut serta dalam pertemuan hingga sekarang antara Israel (dan Palestina)," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Yasser Abed Rabbo kepada radio Voice of Palestina seperti dikutip AFP.

"Washington menyatakan akan menjadi mitra langsung dalam pembicaraan tetapi sampai detik ini tak terjadi karena Israel menjauhkan AS dari pertemuan-pertemuan," kata dia.

"Jika AS tak dapat memberlakukan kehadirannya, maka tak akan ada pengaruh langsung untuk mencapai kemajuan dalam negosiasi-negosiasi," kata Abed Rabbo.

Selasa lalu, para perunding Israel dan Palestina mengadakan dua pertemuan terpisah dalam babak paling akhir pembicaraan yang didukung AS dan dimulai kembali bulan lalu setelah buntu selama tiga tahun, di tengah rencana Israel membangun lebih 2.000 unit rumah baru bagi pemukim Yahudi di wilayah Palestina yang diduduki negara Zionis itu.

Abed Rabbo mengecam rencana perluasan permukiman itu dengan mengatakan hal tersebut mengancam usaha-usaha perdamaian yang dimulai kembali.

(M016) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013