Spa-Francorchamps (ANTARA News) - Fernando Alonso menorehkan catatan waktu tercepat untuk Ferrari pada latihan pembuka Jumat pagi yang diwarnai hujan, menjelang Grand Prix Belgia akhir pekan ini.

Juara dunia dua kali ini memuncaki catatan waktu tercepat dengan satu menit 55,198 detik di kondisi yang dingin dan basah, ketika para pebalap berusaha memacu mobilnya dengan menggunakan ban "slick."

Pebalap Spanyol itu hanya unggul 0,26 detik dari rival terdekatnya Paul Di Resta dari Skotlandia, dan rekan setimnya di Force India Adrian Sutil dari Jerman yang mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga.

Namun pada hari dengan kondisi yang berubah-ubah di sirkuit di Belgian Ardenes, hasilnya memberi sinyal sulit bagi tim-tim yang kembali bekerja menyusul jeda kompetisi selama sebulan pada musim panas.

Ketika Ferrari merespon tantangan yang ada - atau setidaknya Alonso, rekan setimnya yang berada di bawah tekanan Felipe Massa, hanya menghuni urutan ke-11 tercepat - McLaren juga kesulitan merangsek ke urutan atas, di mana baik Jenson Button asal Inggris dan Sergio Perez asal Meksiko tampil memukau di cuaca yang sulit.

Button menghuni urutan ke-14, unggul satu posisi atas mantan rekan setimnya dan kompatriotnya Lewis Hamilton dari Mercedes, namun Perez lebih cepat empat posisi dari Nico Rosberg asal Jerman pada mobil Mercedes kedua, dan juara bertahan dunia tiga kali Sebastian Vettel dari Jerman di Red Bull berada di urutan keenam.

Rekan setim Vettel yang disebut akan pensiun Mark Webber dari Australia finis di urutan ke-19, setelah melewati pagi yang membuat frustrasi yang hanya menghasilkan sedikit petunjuk untuk sesi berikutnya atau balap, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013