Jember (ANTARA News) - Komunitas Tanoker di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Sabtu menggelar Festival Egrang IV yang antara lain mencakup acara gerak jalan menggunakan egrang.

Menurut Koordinator Tanoker Jember, Farha Ciciek, wisatawan dari mancanegara seperti Australia, Belanda, Senegal, dan Thailand ikut menyaksikan acara itu.

Ia mengatakan, komunitas Tanoker dan warga Kecamatan Ledokombo-Jember menggelar festival untuk melestarikan permainan tradisional anak Nusantara tersebut.

"Permainan tradisional yang terlupakan itu dapat dikemas menjadi permainan dengan atraksi yang unik, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang belum mengenal egrang," ucapnya.

Festival Egrang, lanjut dia, juga ditujukan untuk memperkenalkan permainan tradisional Indonesia ke masyarakat internasional.

"Karena dalam festival juga hadir tamu-tamu mancanegara," katanya tentang festival yang diselenggarakan bekerja sama dengan pemerintah daerah, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Kelompok Kerja Madrasah Ledokombo itu.

Ia menambahkan, selain menghadirkan juri lokal panitia juga meminta beberapa tamu manca negara untuk memberikan penilaian dalam lomba gerak jalan menggunakan egrang dalam Festival Egrang IV termasuk di antaranya Gill Westaway (Australia), Max Boon (Belanda), dan Amadou Diawara (Senegal).

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013