Jakarta (ANTARA News) - Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berharap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar "langgeng" dengan segala program-programnya untuk menjadikan Ibukota tersebut lebih baik.

"Saya doakan saja mudah-mudahan langgeng. Ini bukan politik balas dendam, tapi untuk kebaikan kota dan kebaikan bersama," katanya saat halal bi halal di kediamannya, Menteng, Jakarta, Minggu.

Fauzi juga mengkritisi sejumlah masalah yang ada di Jakarta seperti urbanisasi, lingkungan, kemacetan dan lainnya.

Dia mengimbau agar Jakarta segera diselamatkan karena termasuk ke dalam kota-kota besar yang mendapatkan peringatan bahwa beberapa tahun ke depan akan tenggelam apabila tidak ada langkah cepat.

"Jakarta ini masuk nomor 11 dari 20 kota yang akan tenggelam, ini perlu perhatian bukan hanya pemerintahnya tetapi juga warganya," katanya.

Pria yang akrab disapa "Foke" itu juga mengingatkan dampak urbanisasi yang penduduk serta kendaraannya terus bertambah.

"Kita tahu ada faktor eksternal yang berkembang, untuk manajemen perkotaan perlu antisipasi hal itu, ini seperti tiada akhir, seperti `sky is the limit`," katanya.

Namun, dia mengaku masalah-masalah di kota Jakarta tersebut memang tidak mudah diatasi, harus ada koordinasi yang tepadu antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Tidak ada `single policy` harus `integrated` (terpadu). Tidak ada solusi jangka pendek, tidak bisa dalam waktu lima tahun," katanya.

Dia mengatakan sistem di negara-negara maju seharusnya ditiru untuk mengurangi kendaraan bermotor, seperti parkir yang mahal di kota London dan Singapura.

Fauzi juga mengimbau agar masyarakat diberi pemahaman terkait fungsi tempat atau fasilitas umum.

"Saya juga dulu `beresin` Pasar Senen jadi enggak macet. Saya bilang, kalau jalan ya buat jalan bukan buat dagang," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013