Brno (ANTARA News) - Pebalap Repsol Honda dari Spanyol Marc Marquez memenangi MotoGP Ceko, Minggu, yang menandai kemenangan keempatnya secara berturut-turut dan memperpanjang kepemimpinannya di puncak klasemen kategori pebalap.

Marquez memenangi balap menegangkan dengan mengungguli dua rekan senegaranya Dani Pedrosa yang merupakan rekan setimnya dan juara bertahan Jorge Lorenzo, ketika ketiga pebalap Spanyol itu mendominasi keseluruhan balap.

Marquez menyelesaikan balap 22 lap berjarak tempuh 118.866 kilometer ini dengan catatan waktu 42 menit 50,729 detik, unggul 0,313 detik atas Pedrosa dan 2,277 detik atas Lorenzo.

Pebalap 20 tahun ini memimpin klasemen kejuaraan dengan 213 angka setelah 11 dari 18 balap, unggul atas Pedrosa yang mengoleksi 187 angka dan Lorenzo dengan 169 angka.

Start dari urutan kelima, Lorenzo merangsek untuk menghuni posisi terdepan sebelum tikungan pertama dan memperbesar jarak dengan kedua pebalap Honda itu menjadi 1,4 detik pada akhir lap kedua.

Marquez dan Pedrosa dengan sabar menempel Lorenzo. Marquez mendesak sebanyak tiga kali pada lap ke-16 dan mengungguli Lorenzo.

Namun Marquez mampu kembali memberi perlawanan dan kemudian melebarkan keunggulannya atas Lorenzo, yang juga mendapat tekanan dari Pedrosa pada dua lap sebelum balap usai.

Selisih antara juara dunia Lorenzo dan pebalap peringkat keempat Valentino Rossi hampir mencapai delapan detik.

(H-RF/Z002)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013