Dengan absennya Messi, maka beban mencetak gol diserahkan kepada Neymar, Alexis dan Fàbregas.
Barcelona (ANTARA News) - Apa beda antara tiki-taka FC Barcelona dengan pernyataan politisi karbitan? "La Blaugrana" mengatakan sesuatu berarti melakukan sesuatu, sementara politisi karbitan lebih mengatakan untuk mengatakan. Yang pertama memang benar-benar bunyi, yang satu lagi asal bunyi alias asbun.

Keduanya sama-sama memikul kata "sepak". Tiki-taka Barcelona di arena sepak bola, sementara politisi karbitan berlenggak-lenggok di panggung sepak terjang.

Keduanya dapat menyeret orang untuk lekas-lekas membuat introspeksi, dengan melontarkan pernyataan, "ketika kita memeriksa apa yang harus kita katakan, lantas kita melihat bukan hanya sebatas kata-kata, melainkan kepada realita."

Ya, realita, dan realitanya yakni duel dua klub dari Liga Spanyol (La Liga), Malaga kontra Barcelona yang digelar di Stadion La Rosaleda, Malaga, pada Senin dini hari, pukul 02.00 WIB, Pertandingan itu akan disiarkan oleh stasiun televisi swasta nasional.

Nonton pertandingan antara Malaga melawan Barcelona memperoleh nilai tambah bagi ziarah hidup dalam pernyataan sarat introspeksi bahwa antara mengucapkan sesuatu dengan melakukan perbuatan tidak dapat dipisah-pisahkan.

Barcelona merebut hati pecinta sepak bola dunia. Malaga menyimpan kenangan kejayaan masa silam. Barcelona awet di hati, sementara Malaga tuna daya.

Jelang laga kedua La Liga musim 2013-2014, Barcelona berhadapan dengan Malaga yang nota bene disebut-sebut sebagai skuad pas-pasan saja.

Malaga yang sekarang, bukan Malaga seperti tempo hari, yang mampu lolos sampai ke kuarter-final Liga Champions. Malaga telah ditinggalkan sejumlah pemain pilar, sebut saja Isco yang hijrah ke Real Madrid, Joaquin ke Fiorentina, Martin Demichelis ke Atletico Madrid dan Jerome Toulalan ke AS Monaco.

Malaga juga kehilangan Manuel Pellegrini yang hengkang dari Spanyol kemudian memilih berlabuh di Inggris dengan melatih di Manchester City. Posisinya digantikan mantan pemain Barcelona dan Real Madrid, Bernd Schuster. Bagi Schuster, ini pertemuan kali pertama dengan Barcelona sejak ia menjabat sebagai manajer Malaga.

Sementara, pasukan dari kubu Gerardo "Tata" Martino sedang diayun kemenangan. Barcelona baru saja menghempaskan Levante dengan skor telak 7-0. Hasil gemilang itu kontan membentuk keyakinan di hati publik bahwa Barca yang "tempo doeloe" dengan tiki-taka menawan sudah kembali.

Hanya saja, sempat terbersit keraguan bahwa keyakinan itu tidak bertahan lama, karena pasukan Catalan itu ditahan imbang 1-1 ketika melawan Atletico Madrid di ajang Supercopa pada pekan lalu.

Tata Martino bertugas memformulasikan kembali racikan strategi mengingat ada sejumlah pemain anyar telah bergabung. Pelatih asal Argentina itu juga bertugas makin mempertajam lini depan dan memperkokoh disiplin para pemain bertahan.

"Kami akan memasang dua penjaga gawang, bus dan kereta api cepat," kata Schuster. "Messi kabarnya tidak dapat turun di pertandingan nanti. Hanya saja, kalau memang ia tidak diturunkan, maka ia digantikan oleh Neymar. Kami berjanji pantang mundur menghadapi mereka," katanya juga.

Messi diperkirakan akan absen selama lima hari. Martino merencanakan untuk membangkucadangkan "La Pulga" dalam pertandingan melawan Malaga kali ini.

Di kocek Martino, masih ada sejumlah pemain yang siap menggantikan Messi. Sebut saja, Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez, dan tentunya Neymar.

Bila Malaga ingin mengimbangi Barcelona, maka rumusnya terang benderang, yakni silakan memperkokoh barisan pertahanan dan jangan memberi ruang gerak leluasa bagi gelandang-gelandang Blaugrana.

Saripati dari tiki-taka, salah satunya memanfaatkan operan-operan cepat dan memanfaatkan ruang dengan bergerak leluasa agar serta merta meneror lawan.

Kalau Messi absen, maka Neymar berpeluang diturunkan dari awal pertandingan. Cesc Fabregas masuk kembali ke "starting lineup" untuk berperan sebagai "false-nine" yang di musim lalu telah sukses ia perankan.

Anatomi kedua tim:

Malaga:
* Malaga baru saja melewati masa sulit menghadapi bursa pemain untuk mendatangkan para pemain bintang. Tim ini bereaksi negatif ketika merespons bursa pemain anyar.
* Bek tengah Flavio Fereira dan Weligton absen karena keduanya masih mengalami cedera. Ada warta gembira bahwa Carlos Kameni dan Eliseu kembali pulih dan tampak menjalani sesi latihan dalam pekan ini.
* Willy Cabellero diharapkan berperan positif bagi tim dengan mencetak gol, sementara Duda siap kembali bermain.
* Menarik memperhatikan bagaimana Schuster menggabungkan antara pemain muda dengan pemain berpengalaman untuk menghadapi Barcelona, salah satu contohnya ia menurunkan pemain berbakat Fabrice Olinga.
* Satu pertanyaan tersisa mengenai strategi yang akan digunakan Schuster, apakah timnya bakal tampil defensif menghadapi gempuran pasukan Blaugrana?

FC Barcelona:
* Carles Puyol masih menjalani program pemulihan, sementara Messi masih menerima pengobatan fisioterapis. Sergi Roberto bergabung untuk kali pertama bersama skuad musim ini. Gelandang Catalan ini disebut-sebut bakal menjadi pemain impresif di masa depan.
* Victor Valdes mulai kembali ke bentuk penampilannya yang gemilang. Ia memberi rasa aman dan rasa percaya diri kepada barisan belakang.
* Martino perlu berpikir ekstra untuk memilih pemain yang tepat guna mengisi posisi bek tengah.
* Jika Messi absen, maka Fabregas tampil lebih ofensif, dengan didukung  Sergio Busquets, Xavi dan Andrés Iniesta. Ketiganya mengisi lini gelandang. Apakah mereka cukup tangguh menghadapi duel di lini tengah berhadapan dengan pasukan Schuster?

Prakiraan susunan pemain:

Malaga (4-2-3-1):
Caballero (penjaga gawang), Gomez, Chen, Angeleri, Antunes; Camacho, Tissone; Morales, Portillo, Eliseu; Santa Cruz

Barcelona (4-3-3):
Valdés (penjaga gawang); Adriano, Piqué, Mascherano, Alba; Busquets, Xavi, Iniesta; Pedro, Fàbregas, Neymar

Pemain andalan kedua tim:

Wilfredo Caballero (Malaga):
Lancar tidaknya "lokomotif" Malaga relatif ditentukan oleh kesigapan penjaga gawang ini. Hanya saja, berapa banyak aksi penyelamatan yang akan dilakukannya menghadapi gempuran bertubi-tubi barisan depan Barcelona?

Para pemain Blaugrana tampil bagaikan barisan predator, yang siap melahap penjaga gawang manapun. Mereka mampu memanfaatkan sekecil apa pun peluang untuk menjadi gol.

Dengan hengkangnya sejumlah pemain depan Malaga, pelatih Schuster lebih memilih tampil dengan taktik pragmatis. Ia tidak terlalu ngotot menyerang, tetapi cenderung menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik yang cepat.

Jika penampilan Caballero buruk, maka tamatlah riwayat Malaga menghadapi Barcelona.     

Neymar (Barcelona):
Sebagaimana diutarakan dalam website klub, Martino tidak akan habis-habisan "mengeksploitasi" Neymar, meski Messi dibekap cedera. Gol yang dicetak di ajang Supercopa membuktikan kualitas pemain Brazil ini.

Tidak percuma bila Barcelona merogoh koceknya dalam-dalam dengan bayaran 57 juta euro untuk membeli pemain berusia 21 tahun ini. Ketika Messi tidak fit seratus persen, maka Barcelona tetap dapat tampil kreatif dengan dukungan Neymar.
 

Prediksi hasil laga: (Goal.com)
 
* Málaga 1-3 Barcelona (18,6 persen)
* Málaga 0-3 Barcelona (13,19 persen)
* Málaga 1-4 Barcelona ( 9,69 persen)

Head to Head
La Liga ‎(LIGA)‎
1 Jun 2013     Barcelona 4 - Málaga 1     

Copa del Rey ‎(ESPC)‎
24 Jan 2013     Málaga 2 - Barcelona 4     
16 Jan 2013     Barcelona 2 - Málaga 2     

La Liga ‎(LIGA)
13 Jan 2013     Málaga 1 - Barcelona 3     
 2 May 2012     Barcelona 4 - Málaga 1     

Lima pertandingan terakhir:     

Málaga
17 Aug 2013    Valencia 1 - Málaga 0    LIGA
10 Aug 2013    Aston Villa 3 - Málaga 2    FRC
1 Jun 2013    Barcelona 4 - Málaga 1    LIGA
26 May 2013    Málaga 3 - Deportivo La Coruña 1    LIGA
12 May 2013    Málaga 0 - Sevilla 0    LIGA

Barcelona
21 Aug 2013    Atlético de Madrid 1 - Barcelona 1    ESPS
18 Aug 2013    Barcelona 7 - Levante UD 0    LIGA
10 Aug 2013    Malaysia XI 1 - Barcelona 3    FRC
7 Aug 2013    Thailand 1 - Barcelona 7    FRC
2 Aug 2013    Barcelona 8 - Santos Futebol Clube 0    FRC

Narasi prediksi:
* Ini warta yang tidak bisa tidak bahwa Barcelona perlu memanfaatkan momentum dengan mendulang kemenangan melawan Malaga, mengingat lawan berikutnya relatif berat, sebut saja, Valencia, Sevilla dan Real Socieded.
* Dengan absennya Messi, maka beban mencetak gol diserahkan kepada Neymar, Alexis dan Fàbregas.
* Malaga belum menjumpai musim cemerlang, mengingat lawan yang dihadapi Barcelona.

Prediksi editor Antaranews.com:
Malaga: 1
Barcelona: 3
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013