Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Grup MNC akan meluncurkan indeks MNC36 yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor dalam berinvestasi pada saham berfundamental baik.

"Indeks itu diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi di saham dengan fundamental baik, likuiditas tinggi, dan kapitalisasi besar," kata Kepala Divisi Perdagangan Saham BEI, Andre P.J. Toelle, dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan bahwa komponen indeks MNC36 adalah 36 saham yang dipilih berdasarkan kriteria kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi, dan faktor-faktor fundamental. Rencananya indeks itu akan diluncurkan pada 28 Agustus 2013 mendatang.

"Selain itu, indeks MNC36 itu diharapkan dapat digunakan sebagai produk investasi yang berbasis saham," kata dia.

Ia menambahkan hari dasar untuk penghitungan indeks MNC36 yakni pada tanggal 28 Desember 2007 dengan nilai awal indeks adalah 100.

"Metode penghitungan indeks itu, sama dengan metode penghitungan pada indeks-indeks BEI lainnya, yaitu menggunakan metode rata-rata tertimbang dari kapitalisasi pasar (market capitalization weighted average)," papar Andre.

Dikemukakan, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan konstituen indeks MNC36 adalah berdasarkan kriteria kapitalisasi pasar, likuiditas pasar dan faktor fundamental lainnya.

kemudian, peninjauan berkala atas komponen indeks MNC36 dilakukan setiap enam bulan, yaitu pada bulan April dan oktober setiap tahunnya sehingga konstituen indeks MNC36 akan diperbaharui setiap awal bulan Mei dan November.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013