Kita ingin musyawarah desa dan kelurahan ini cepat selesai sehingga data baru diperoleh dan lebih tepat sasaran."
Pasuruan (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan, Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua akan disalurkan awal September 2013.

"Data baru saat ini mulai muncul dari kartu-kartu yang retur. Di awal September akan diserahkan kepada mereka untuk tahap dua," kata Mensos di Pasuruan Jawa Timur, Senin.

Lebih lanjut Mensos menjelaskan, BLSM tahap pertama masih ada lebih dari 800 ribu penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang belum mencairkan BLSM. Sementara KPS yang retur sebanyak 177 ribu.

KPS menjadi bukti bagi pemegang kartu berhak mendapatkan BLSM sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM bersubsidi.

Namun berbagai permasalahan ditemukan di lapangan selama penyaluran BLSM seperti ada yang salah alamat, ada satu nama yang mendapat dua kartu, ada warga yang tidak seharusnya mendapat BLSM tapi terdaftar.

Perubahan data bisa disebabkan karena perpindahan alamat, orang yang bersangkutan meninggal, atau tingkat kesejahteraannya sudah membaik.

Untuk mencari pengganti data yang berubah tersebut dilaksanakan musyawarah desa dan musyawarah kelurahan.

"Kita ingin musyawarah desa dan kelurahan ini cepat selesai sehingga data baru diperoleh dan lebih tepat sasaran," tambah Mensos. (D016/A020)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013