Kejuaraan Tinju Kasau Cup 2013 diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit petinju baru yang bersumber dari prajurit TNI Angkatan Udara maupun masyarakat umum yang berprestasi,"
Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Udara akan menggelar kejuaraan tinju Piala Kasau 2013 mempertandingkan 20 kelas dan diikuti seratusan atlet dari berbagai sasana di 19 provinsi.

Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dalam sambutannya yang dibacakan Asops Kasau Marsda TNI Bagus Puruhito, di Gedung Serba Guna Mabesau Cilangkap, Selasa, mengatakan, tinju merupakan salah satu olahraga popular di Indonesia.

Dari olahraga tinju didapat tubuh yang sehat dan bila dilatih secara benar dapat membangun ketahanan emosi serta terbukti merupakan latihan yang sempurna bagi kebugaran dan latihan jantung.

"Kejuaraan Tinju Kasau Cup 2013 diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit petinju baru yang bersumber dari prajurit TNI Angkatan Udara maupun masyarakat umum yang berprestasi," katanya.

Pertandingan tinju yang digelar untuk pertama kali ini mendapat animo dari masyarakat. Tercatat 19 provinsi dan 105 atlet tinju amatir serta dua petinju profesional bakal memperebutkan sabuk emas Kejuaraan Tinju Profesional Indonesia (KTPI) antara petinju Indonesia melawan petinju Filipina untuk Sabuk Emas Kasau.

"Melihat manfaat yang sangat besar dari olahraga ini, sudah sewajarnya apabila TNI Angkatan Udara turut berperan serta mengembangkan potensi tinju ditengah-tengah masyarakat pada umumnya maupun TNI Angkatan Udara pada khususnya melalui Kejuaraan Tinju Kasau Cup 2013," katanya.

Menurut Ketua Panitia Tinju Kasau Cup 2013 Marsma TNI Widiantoro, kejuaraan tinju ini sesuai dengan peraturan Kasau nomor Perkasau/46/VI/2011 tanggal 23 Juni 2011 tentang organisasi dan tugas Komite Olahraga Militer TNI - Angkatan Udara (Orgas Komau), maka Dispamsanau ditunjuk sebagai pembina cabang olahraga tinju yang diwadahi dalam Komau dan bertanggung jawab membina prestasi cabang tinju.

Harapannya dapat meloloskan petinju yang mampu berkiprah, baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Kejuaraan tinju itu, tambah dia, dalam rangka untuk menyukseskan program olahraga tinju nasional. Disamping itu TNI Angkatan Udara tengah menyiapkan atletnya dalam rangka Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) serta untuk berpatisipasi dalan event olahraga militer internasional (CISM-Conseille International du Sport Militaire) tahun 2014 di Korea Selatan dimana akan di gelar pula pertandingan tinju.

(S037/D011)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013