Djokovic yang berhasil melaju di tiga final AS Terbuka selama tiga tahun belakangan, dan meraih trofi pada 2011...
Jakarta (ANTARA News) - Petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, menatap untuk merebut gelar AS Terbuka dengan mengawali putaran pertama melawan petenis Lithuania, Richardas Berankis.

Djokovic yang berhasil melaju di tiga final AS Terbuka selama tiga tahun belakangan, dan meraih trofi pada 2011 akan memulai sesi pertandingan malam di Arthur Ashe Stadium, New York, Rabu. Demikian diberitakan situs resmi turnamen usopen.org.

Petenis berusia 26 tahun ini telah meraih tiga titel tahun ini termasuk gelar keenam sekaligus tiga kali berurutan di Australia Terbuka Januari lalu.

Petenis asal Serbia ini mencatatkan rekor impresif dengan catatan 44 kemenangan dan 8 kekalahan musim ini, termasuk catatan 25 kemenangan-4 kekalahan di lapangan keras.

Akan tetapi setelah mencapai babak final Wimbledon di bulan Juli, Djokovic hanya bermain di dua kejuaraan, yaitu melaju ke semifinal Toronto Masters dan perempat final Cincinnati Masters.

Djokovic menatap pertandingan ke-40 di turnamen AS Terbuka dengan catatan 39 kemenangan dan 7 kekalahan.

Sementara itu, Ricardas Berankis (23) merupakan kedua kali dalam karirnya mengikuti AS Terbuka. Pada 2010, ia berhasil melaju ke putaran kedua. Berankis berpengalaman memenangkan titel AS Terbuka di tingkat yunior pada 2007. Demikian catatan statistik atpworldtour.com.

Ia memiliki catatan 0-4 melawan petenis berperingkat 10 besar, dan baru kali ini menghadapi petenis peringkat pertama dunia.

Penerjemah: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013