Kami berharap warga Surabaya bisa menggunakan hak pilihnya
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 2.019.200 warga Kota Surabaya menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah Jatim yang dilaksanakan pada Kamis ini.

Anggota KPU Surabaya Edward Dewaruci mengatakan jumlah pemilih telah mengalamai perubahan setelah dilakukan verifikasi dan rekapitulasi dari KPU Jatim.

"Kami berharap warga Surabaya bisa menggunakan hak pilihnya," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan pemantaun terhadap pelaksanaan Pilkada Jatim mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk jumlah TPS di Surabaya yang digunakan untuk Pilkada Jatim kali ini sebanyak 4.992 unit.

Sementara mengenai TPS khusus seperti rumah sakit, rumah tahanan (rutan), lembaga pemasyarakatan (Lapas), Edward mengatakan tidak disediakan. Di beberapa lokasi khusus tersebut, jika ada warga yang akan menggunakan hak politiknya bisa melakukan di TPS terdekat.

Apabila terpaksa berhalangan, maka calon pemilih akan didatangi para petugas TPS.

"Pukul 11.00 WIB, petugas bisa datang ke Rumah Sakit atau rutan asal ada data berapa orang yang akan menggunakan hak pilih, sehingga bisa disediakan surat suara dari TPS terdekat," katanya.

Sementara itu, anggota KPU Surabaya lainnya, Choirul Anwar mengatakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Surabaya baru bisa diumumkan pada 3 September mendatang.

"Untuk hari ini dan besok (30/4) penghitungan tingkat kelurahan, dan setelah itu dilanjutkan tingkat kecamatan," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013