Kemendag fokus kembangkan pameran produk unggulan daerah

Kemendag fokus kembangkan pameran produk unggulan daerah

Wamendag Bayu Krisnamurthi (ANTARA)

Mataram (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan terus fokus mengembangkan pameran produk dalam negeri yang mengarah pada produk pangan unggulan di berbagai daerah.

"Sudah dua tahun terakhir kami coba lebih fokus pada pameran produk dalam negeri dengan mendorong perdagangan antardaerah," kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi, saat membuka pameran produk pangan nusantara atau nusa, di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis sore.

Pameran produk pangan nusa yang dipadukan dengan pameran produk dalam negeri dan yang digelar setiap tahun itu, diselenggarakan Kementerian Perdagangan, bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTB.

Bayu mengatakan, pihaknya mengajak perwakilan dari daerah lain untuk mengikuti pameran produk pangan nusa yang digelar di Mataram itu.

Ia juga mengungkapkan cita-citanya hendak menjadikan produk pangan lokal suatu daerah disukai di daerah lain, agar terjadi perdagangan antardaerah dari aspek bahan makanan, sekaligus semakin mempererat persatuan dan kesatuan di wilayah NKRI.

Misalnya, plecing kangkung dan ayam taliwang (makanan khas NTB) digemari di Medan, Sumatera Utara, dan gudeg Jogyakarta digemari di Manado, Sulawesi Utara.

"Juga, Sop Conro dari Makassar Sulawesi Selatan nantinya amat digemari di Banten, dan lainnya," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar