bakteri yang berasal dari isolasi air laut bisa menghasilkan enzim anti kanker..."
Jakarta (ANTARA News) - Peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BP4BKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ekowati Chasanah mendapati bakteri air laut bisa menjadi enzim anti kanker.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bakteri yang berasal dari isolasi air laut bisa menghasilkan enzim anti kanker," ujar Ekowati dalam acara seminar bioteknologi yang diselenggarakan Lembaga Eijkman di Jakarta, Jumat.

Enzim yang bernama L-glutaminase diketahui bisa memecah glutamin. Glutamin diperlukan oleh sel kanker agar berkembang biak.

Dengan adanya enzim L-glutaminase, maka perkembangbiakkan sel kanker bisa ditekan, ujarnya.

Ekowati menambahkan pihaknya terus melakukan penelitian, sehingga nantinya enzim tersebut bisa dijadikan obat anti kanker.

Dia menambahkan tidak hanya obat anti kanker yang bisa dihasilkan dari kekayaan laut Tanah Air. Dia menyebutkan produk kesehatan juga dapat dihasilkan dari kekayaan alam Indonesia.

"Potensinya besar, cuma belum dimanfaatkan karena banyak lebih memilih jalan pintas dengan mengimpor," tukasnya.

Seminar yang merupakan kerja sama Lembaga Eijkman dengan University of California Santa Cruz, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin itu diharapkan bisa menjadi wadah untuk menjembatani penelitian ilmu dasar dan kelautan.

Pewarta: Indriani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013