Wisata olah raga di Lagoi tingkatkan kunjungan wisman

Wisata olah raga di Lagoi tingkatkan kunjungan wisman

Puluhan peserta kategori keluarga mengikuti perlombaan pada Bintan Triathlon tahun lalu (FOTO ANTARA/Feri)

Bintan (ANTARA News) - Bupati Kabupaten Bintan Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan sejumlah agenda wisata olah raga bertaraf internasional di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara setiap tahun ke daerah itu.

"Rata-rata setiap tahunnya meningkat 13 persen sejak tiga tahun terakhir," kata Ansar usai meninjau kesiapan lomba Triathlon (MetaMan) di Nirwana Garden, Lagoi, Jumat.

Ansar mengatakan, wisata olah raga tersebut mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara ke Bintan dan menjadikan Bintan sebagai daerah tujuan wisata olah raga yang diminati.

"Bukan hanya para atlet yang hadir, tetapi mereka juga membawa keluarganya untuk berlibur menikmati keindahan alam Bintan," kata Ansar.

Wisata olah raga yang menjadi andalan Bintan saat ini adalah Bintan Triathlon, Tour de Bintan, MetaMan dan Kite Board Tour Asia.

"Tahun depan akan ada lagi tiga agenda wisata olah raga yang sedang dirancang, yaitu Bintan Exstream, Marathon 42 kilometer serta PGA Tour," ujar Ansar.

Dari agenda wisata olah raga tahunan yang diikuti para atlet profesional dan pemula tersebut, Tour de Bintan dan Bintan Triathlon mampu mendatangkan hingga 1.500 atlet yang berasal dari 30 negara.

"Selain infrastruktur yang sangat mendukung dan kedekatan dengan Singapura, alam Bintan juga memberikan daya tarik tersendiri untuk digelar berbagai agenda olah raga bertaraf internasional," kata Managing Director Meta Sport Events Management, Nathalie Marquet yang sudah 10 tahun menggelar berbagai pertandingan olah raga ketahanan tubuh di Bintan.

Peserta yang ikut ambil bagian dalam setiap perlombaan olah raga tersebut juga mengalami peningkatan setiap tahunnya, seperti MetaMan 2012 yang hanya diikuti 200 orang lebih peserta berbagai negara, pada perlombaan 2013 diikuti sebanyak 496 peserta, dan hanya 33 orang atlet dari dalam negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Setioso mengatakan target kunjungan wisatawan ke Bintan hingga 2015 sebanyak 500 ribu orang per tahun dan pada 2012 telah mencapai 478 ribu orang.

"Kami optimistis pada 2014 bisa mencapai 500 ribu orang karena ada tiga agenda besar yang akan digelar yaitu Bintan Exstream, Marathon 42 kilometer serta PGA Tour dan Sail Indonesia yang menyinggahi Bintan," kata Setioso.

Pewarta: Henky Mohari
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Tiga desa di Bintan diterjang banjir

Komentar