Melihat animo masyarakat Jambi yang begitu tinggi dengan hewan ini, maka kita coba untuk berkomunikasi dengan kebun-kebun binatang lain di Indonesia. Mencoba bertukar koleksi.
Jambi (ANTARA News) - Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jambi, Sepdinal, mengatakan pihaknya akan mendatangkan singa untuk koleksi kebun binatang Taman Rimba Jambi dari KB di Pematang Siantar, Sumatra Utara.

Dikatakan Sepdinal, Sabtu (31/8), upaya ini dilakukan untuk memenuhi animo masyarakat Jambi terhadap singa di kebun binatang, sekaligus pengganti dua singa Afrika yang didapati mati karena diracun oleh orang yang tidak bertanggungjawab 17 Agustus 2013 lalu.

"Melihat animo masyarakat Jambi yang begitu tinggi dengan hewan ini, maka kita coba untuk berkomunikasi dengan kebun-kebun binatang lain di Indonesia. Mencoba bertukar koleksi. Kami dengar di KB Pematang Siantar koleksi singa berlebih, kita upayakan untuk mendatangkannya dari sana," kata Sepdinal, di Jambi.

Menurut dia, tukar menukar hewan koleksi antarkebun bintang di Indonesia adalah soal yang lazim dan biasa dilakukan, kebun binatang yang berlebih koleksi satwanya akan bertukar dengan kebun binatang yang membutuhkan.

"Singa Afrika yang mati itu hasil pertukaran kita dengan Taman Safari Bogor, kita tukar dengan harimau koleksi kita," katanya.

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013