Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengundang masyarakat khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk menyaksikan karya kreatif anak negeri di bidang teknologi dan informasi dalam ajang Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013.

Tifatul Sembiring di Jakarta, Sabtu, mengatakan INAICTA 2013 telah memasuki acara puncak yang sukses menjaring sejumlah karya kreatif TI anak negeri yang siap dipamerkan kepada masyarakat lebih luas di Jakarta Convention Center (JCC).

"Dengan diadakannya rangkaian acara puncak INAICTA 2013 ini, diharapkan eksposur para peserta dapat terpapar lebih luas dan diharapkan dapat memancing keingintahuan masyarakat tentang karya-karya dan perkembangan industri teknologi Informatika dan Komunikasi di Indonesia," katanya.

Karya-karya tersebut dipamerkan pada areal seluas 3.921 meter persegi di JCC.

Menurut Menteri, INAICTA 2013 akan menjadi ajang yang efektif untuk menunjukkan secara nyata bahwa Indonesia kaya akan potensi dan kemungkinan-kemungkinan untuk memimpin pada industri ICT, bahkan secara internasional.

Dalam INAICTA 2013, sebanyak 168 karya didemonstrasikan langsung dan dinilai potensinya di hadapan para juri.

Sebanyak masing-masing delapan karya dari duapuluh satu kategori yang ditawarkan pada INAICTA tahun ini melalui tahap penjurian final sebelum pengumuman pemenang pada 1 September 2013.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tim kepesertaan INAICTA 2013, dari 1.000 akun pendaftar ditemukan kategori Games untuk umum dan pelajar adalah yang paling banyak diminati peserta, diikuti oleh kategori Aplikasi, juga untuk peserta universitas maupun pelajar (SMU/SMK).

Selanjutnya kategori favorit lainnya adalah kategori Digital Interactive Media, Small Medium Enterprise Application, dan Reseach and Development Projects.

Para juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi bidang ilmu teknologi dan non-teknologi yang berjumlah 106 orang, menilai tidak hanya inovasi dan keunikan karya, namun juga fungsi dan fitur, penerapan teknologi, serta manfaat, baik secara komersial maupun bagi target dari karya-karya tersebut.

"Banyaknya finalis menjadi indikator bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, tidak hanya untuk berkembang, tetapi juga bersaing secara internasional di bidang teknologi informasi dan terapannya," katanya.

Tahun ini jumlah karya terbanyak masuk dari kategori Games, menunjukkan tren potensi perkembangan industri teknologi Indonesia mengarah ke dunia games meskipun semua serba mungkin untuk berkembang di Indonesia.

Sebelumnya, para finalis yang berpameran di JCC itu menjalani dua hari masa penjurian pada 29--30 Agustus 2013 di Jakarta.

Selanjutnya pada 31 September 2013, para finalis diperkenankan untuk memamerkan karya mereka yang termasuk dalam agenda rangkaian acara puncak INAICTA 2013, sedangkan malam penganugerahannya sendiri akan berlangsung pada 1 September 2013.

Rangkaian puncak acara pada 31 Agustus dan 1 September 2013 diselenggarakan di Jakarta Convention Center, dengan menggunakan Assembly Hall dan seluruh ruangan Lower Lobby yang terdiri dari pameran karya nominator, workshops, conference dan malam penganugerahan .
(H016/R010)

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013