Kemenprekraf seleksi kurator paviliun Indonesia di Venice Biennale

Kemenprekraf seleksi kurator paviliun Indonesia di Venice Biennale

Foto dokumentasi pameran Biennale di Venezia (REUTERS/Stefano Rellandini)

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggelar seleksi memilih kurator paviliun Indonesia dalam rangka keikutsertaan Indonesia pada pameran arsitektur di Venezia, Italia.

Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK (EKMDI) Kemenparekraf Harry Waluyo di Jakarta, Selasa, mengatakan untuk pertama kalinya paviliun Indonesia tampil dalam pameran arsitektur kontemporer skala dunia paling bergengsi di Venice Biennale 2014.

"Paviliun Indonesia akan memamerkan karya kreatif arsitektur Indonesia dengan tema yang nantinya disesuaikan dengan tema Venice Biennale 2014 yaitu `Fundamental-Absorbing Modernity: 1914-2014`," katanya.

Ia mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam pameran arsitektur terbesar dunia berlangsung 7 Juni hingga 23 November 2014 tersebut telah melalui undangan dari manajemen Venice Biennale yang kemudian ditindaklanjuti dengan kunjungan kerja serta pembicaraan tim dari Indonesia dengan pihak manajemen pameran.

Setelah melalui proses itu akhirnya diperoleh kepastian Indonesia bisa ikut serta undangan sebagai peserta pada akhir 2013.

Harry menambahkan kini proses perencanaan selanjutnya adalah memilih kurator Paviliun Indonesia melalui seleksi terbuka agar transparan serta memberikan kesempatan partisipasi yang sama kepada semua yang berminat sekaligus menjadi sebuah proses yang akuntabel.

"Seleksi kurator saat ini sudah memasuki tahap kedua dan Dewan Juri sudah menetapkan tiga calon kurator unggulan untuk mempresentasikan gagasannya," kata Harry Waluyo.

Kurator yang terpilih nantinya akan menjalankan tugas, antara lain melakukan riset khusus (riset lapangan dan literatur) untuk menanggapi tema Venice Biennale 2014, menyiapkan konsep dan rancangan paviliun Indonesia serta rancangan materi pameran termasuk fotografi, instalasi, maket, dan narasi maupun informasi lainnya berupa brosur, leaflet, buku program dan merchandise.

Kurator juga mengusulkan program acara di paviliun Indonesia selama pameran berlangsung serta mengelola pembangunan paviliun termasuk mengawasi pengiriman dan pengembalian materi pameran serta membuat laporan kegiatan dalam rekaman audio dan video.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar