Jakarta (ANTARA News) - Para penulis pemula punya kesempatan untuk berkolaborasi membuat karya bersama Clara Ng, yang baru menelurkan novel "Black Jack" bersama Felice Cahyadi. Felice yang masih hijau bila disejajarkan dengan Clara mengaku beruntung mendapat kesempatan emas untuk bekerjasama dengan penulis jebolan Ohio State University, Amerika Serikat.

"Saya banyak belajar dari mbak Clara. Saya menjadi disiplin saat menulis karena mbak Clara sangat disiplin sesuai tenggat waktu," ujar script editor stasiun televisi Indonesia dalam perilisan buku "Black Jack" di Senayan, Jakarta, Rabu.

Felice mengenal penulis yang membuat beragam genre tulisan saat keduanya bertemu di acara peluncuran buku. Sebagai penggemar tulisan Clara, dia memperlihatkan naskah yang ditulisnya pada penulis "Dongeng Sekolah Tebing" , serial "Stories From The Heart", serial "Sejuta Warna Pelangi", "Dimsum Terakhir", dan trilogi "Indiana Chronicle". Tulisan Felice rupanya disukai oleh Clara yang kala itu akan mengerjakan novel "Black Jack"

"Karena proyek menulis saya sedang banyak, saya tidak bisa membuat Black Jack sendirian. Maka saya ajak Felice untuk menjadi co author," jelas Clara.

Dia mengaku tidak keberatan bila harus bekerjasama lagi dengan penulis baru dalam berkarya. Namun, tidak sembarang orang bisa berkolaborasi dengannya. Hanya mereka yang bisa menulis secara disiplin yang dapat diterima Clara sebagai rekan kerja. Sayangnya, Clara menilai kurangnya disiplin menjadi kelemahan utama pada penulis pemula di Indonesia.

"Banyak yang menulis tergantung pada mood. Bisa menulis saat mood saja," tuturnya.

"Jika mereka menganggap menulis itu sebagai profesi, pasti bisa menulis dengan disiplin," lanjut perempuan bernama asli Clara Regina Juana.

"Black Jack", novel terbaru Clara Ng yang berkolaborasi dengan Felice Cahyadi, diangkat dari kisah nyata tentang perempuan yang terjerumus dalam dunia judi karena dibutakan cinta.(*)



Oleh Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013