Jakarta (ANTARA News) - Bagi pengisi suara anime alias seiyuu, suara adalah nyawa dari pekerjaan mereka. Sama halnya dengan seiyuu Jepang Aya Hirano yang selalu menjaga agar suaranya tetap prima. Kelembaban udara, ujarnya, merupakan hal utama. Di Jepang, gadis kelahiran Nagoya, 8 Oktober 1987 itu membutuhkan pelembab udara serta rajin mengonsumsi permen untuk menjaga suara.

"Kalau di Indonesia, kelembaban udaranya cocok," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Seiyuu yang bisa membuat berbagai karakter suara, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga mesin dan binatang itu juga mengajak penggemarnya di Indonesia untuk menjajal profesi pengisi suara.

"Saya menunggu bila ada teman-teman yang ingin jadi seiyuu di Jepang, ini juga kesempatan untuk belajar bahasa Jepang," papar Aya yang juga berprofesi sebagai penyanyi.

Gadis yang menjadi salah satu penampil dalam konser Anisong di Anime Festival Asia Indonesia 2013 itu mengungkapkan rahasianya dapat bertahan di tengah persaingan dunia seiyuu di Jepang.

"Tidak hanya seiyuu, tapi semua orang harus melakukan yang terbaik di setiap pekerjaannya," jelas seiyuu yang awalnya ingin menjadi aktris drama di Jepang itu.





Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013