Sydney (ANTARA News) - Saat ini rasanya hampir tidak ada waktu lagi untuk menyesuaikan jadwal sibuk para ibu.

Seorang ibu harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga tiada akhir seperti mencuci gundukan baju-- yang terlalu banyak untuk diabaikan, susah tidur, dan melalui hari-hari yang diisi amukan.

Tapi jangan khawatir, berikut ini tips bagaimana menghemat waktu dan tetap waras.

1. Miliki tempat tertentu untuk barang-barang yang sering digunakan.

Untuk mencegah kepanikan dan buru-buru saat mencari barang ketika hendak pergi keluar rumah, tetapkan tempat khusus untuk barang-barang penting seperti kunci, dompet, kaca mata, dan handphone.

Sangat bijaksana kalau Anda punya lemari besar untuk menyimpan tas Anda, tas popok, tas sekolah, topi dan sepatu sehingga barang-barang itu mudah diakses ketika Anda hendak bepergian.

2. Lakukan tugas sebanyak-banyaknya pada malam sebelumnya

Anda akan menghemat banyak waktu dan tidak stress dengan melakukan segalanya secara rapi dan tenang pada malam sebelumnya, dari pada mengerjakannya di pagi hari yang terburu-buru.

Gunakan waktu di malam hari untuk merapikan, menata pakaian, membuat makan siang, mengumpulkan buku-buku perpustakaan dan mengisi setiap tas yang telah Anda gunakan sepanjang hari .

3. Rencanakan menu makanan

Mengatur menu setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali dapat menghemat banyak waktu Anda dengan menghindari kehebohan di menit-menit terakhir dan mengurangi jumlah acara belanja yang harus Anda lakukan.

4. Masak makan malam sederhana dan masak lebih

Jadwalkan menu makanan favorit keluarga selama seminggu. Agar lebih mudah, jangan lupa membuat porsi lebih saat memasak agar dapat disimpan di lemari es dan dimasak kemudian.

5. Kemas tas untuk aktivitas berbeda

Mengemas tas untuk keperluan aktivitas di tempat yang berbeda akan sangat menghemat waktu Anda. Masukkan handuk, topi, baju, popok, dan tabir surya untuk acara berenang atau pergi ke pantai.

6. Stok isi mobil Anda

Menstok isi mobil akan menjadi penolong saat terjadi hal-hal di luar rencana atau saat Anda buru-buru. Menaruh baju cadangan, tisu, popok, krim, topi, sepatu, handuk, payung, mainan, dan lain-lain dalam mobil bisa membuat Anda tenang.

7. Bersih-bersih sebelum pergi

Bersihkan langsung kotoran yang ada. Jangan ditunda-tunda guna menghindari pekerjaan yang lebih merepotkan misalnya membersihkan kotoran yang sudah menjadi kerak.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut maka Anda akan terhindar dari stress dengan menghemat banyak waktu, demikian menurut laporan lifestyle.yahoo.com.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013