Pertukaran pelajar juga dapat menunjukkan eksistensi kampus di tingkat internasional. Program itu penting untuk menunjukkan eksistensi kampus ditingkat internasional dan mencari relasi ke negara lain, dan hal itu bisa menjadi `benefit` untuk kampus,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengirimkan tujuh mahasiswa ke Universiti Utara Malaysia untuk mengikuti program pertukaran pelajar selama enam bulan.

"Ketujuh mahasiswa itu berasal dari International Program of International Relations (Ipirel) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2011," kata Kepala Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY Ratih Herningtyas di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, mereka selama enam bulan akan mengikuti perkuliahan dengan sistem transfer kredit di College of Law, Government and International Studies (Colgis) Universiti Utara Malaysia (UUM).

Dalam tiga tahun terakhir, kata dia, Ipirel UMY dan Colgis UUM telah menjalin kerja sama sehingga memungkinkan kedua program studi tersebut melakukan pertukaran mahasiswa dengan sistem transfer kredit.

"Tujuh mahasiswa Ipirel UMY yang akan melaksanakan program pertukaran pelajar ke UUM pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014 itu adalah Ferryan Nugraha, Fitria Ardianti, Nabila Wulandary MA Malik, Selly Malinda Ayuning Putri, Mira Dewi, Fariz Ramaditya, dan Hafiz Setiawan," katanya.

Fitria Ardianti mengatakan, pertukaran pelajar merupakan hal yang penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan relasi internasional.

"Pertukaran pelajar juga dapat menunjukkan eksistensi kampus di tingkat internasional. Program itu penting untuk menunjukkan eksistensi kampus ditingkat internasional dan mencari relasi ke negara lain, dan hal itu bisa menjadi `benefit` untuk kampus," katanya.

Ferryan Nugraha mengatakan, kesempatan untuk dapat belajar selama satu semester di luar negeri merupakan pengalaman baru bagi dirinya.

"Belajar di luar negeri merupakan pengalaman baru bagi saya. Saya tidak menyangka dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke Malaysia," katanya.

(B015/M008)

Pewarta: Bambang S Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013