Washington (ANTARA News) - Rumah lelang Sotheby's di New York memamerkan berlian putih sempurna sebesar telur yang sebulan lagi akan dilelang di Hong Kong, kata rumah lelang Sotheby's dalam satu pernyataan di laman resminya.

Berlian 118-karat tersebut adalah yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditawarkan di rumah lelang, hampir 20 persen lebih besar dari berlian "Mouawad Splendour" 101,84 karat yang sebelumnya disebut sebagai yang terbesar.

Sotheby's menjual berlian itu seharga 12,8 juta dolar AS pada tahun 1990.

Hanya empat "berlian putih dengan kualitas lebih dari 100 karat yang pernah dijual di lelang," kata Sotheby's seperti dilansir kantor berita RIA Novosti.

Berlian besar itu ditemukan di tambang dalam di Afrika Selatan tahun 2011. Sebagai berlian kasar, beratnya 299 karat, merupakan salah satu berlian terbesar dan paling indah yang pernah ditemukan dalam beberapa tahun terakhir, kata rumah lelang itu.

Berlian itu diharapkan bisa meraih rekor harga antara 28 juta dolar AS sampai 35 juta dolar AS ketika dilelang di Hong Kong awal bulan depan.

Saat ini rekor harga lelang untuk setiap berlian putih sekitar 26,7 juta dolar AS, yakni untuk "The Winston Legacy" dalam lelang Christie di Jenewa awal tahun ini.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013