New York (ANTARA News) - Pengarang buku "A Woman’s Guide to Sleep" Joyce Walsleben, PhD mengatakan satu malam tanpa tidur nyenyak tidak akan berdampak buruk dalam jangka panjang, namun itu dapat membuat Anda merasa tidak nyaman keesokan harinya.

Berikut beberapa langkah sederhana untuk meniru efek tidur nyenyak di malam hari, meski sebenarnya Anda tidak dapat tidur sebelumnya.

1. Serap matahari
Anda harus mendapat paparan sinar matahari yang banyak di siang hari.

Joyce mengatakan cahaya alami akan mengatur ulang jam bilogis tubuh Anda, ini membantu organ tubuh Anda berfungsi baik sepanjang hari.

"Meski cahaya redup di hari mendung atau hari hujan, itu akan membantu Anda bangun lebih baik dari lampu biasa," kata Joyce.

Sinar matahari di pagi hari baik untuk meremajakan suasana hati Anda. diremajakan. Agar Anda bisa semangat lebih cepat, buka jendela dan tirai begitu bangun.

2. Makan makanan tepat
Saat lelah, insting kita adalah makan makanan manis untuk kembali bugar, demikian kata Samantha Heller, RD, koordinator nutrisi klinis di Center for Cancer Care di Rumah Sakit Griffin di Derby, Connecticut.

"Tapi makanan tersebut membuat kadar gula darah Anda melonjak dan berbenturan, membuat energi seperti roller coaster naik tinggi dan turun drastis," kata Samantha,

Untuk mendapat energi yang bisa bertahan lama, mulai hari Anda dengan protein sehat dan karbohidrat whole grain. Cobalah gandum English muffin dengan selai kacang dan irisan pisang.

3. Tidak ada waktu tidur siang?
Obat ideal untuk kelelahan mental yang terjadi setelah tidak bisa tidur malam hari adalah tidur siang, kata Matius Edlund, MD, penulis buku The Power of Rest.

Tapi karena itu tidak mungkin bagi kebanyakan orang yang bekerja, hal terbaik berikutnya adalah bentuk istirahat aktif yang disebut "relaksasi paradoks."

Dr Edlund menjelaskan: Fokuslah pada satu kelompok otot dalam tubuh Anda selama minimal 15 detik, berkonsentrasilah hanya pada merasakan otot tersebut. Ulangi pada atas dan bawah tubuh.

4. Minum kopi pelan-pelan
Tidak perlu minum kopi Anda sekaligus di pagi hari, tapi tuangkan ke dalam termos dan minum perlahan-lahan agar cukup untuk membuatnya bertahan seharian selama Anda bekerja.

Orang yang mengkonsumsi kafein setara hanya 2 ons kopi per jam masih bisa mengantuk, demikian menurut sebuah studi dalam jurnal Sleep.

Berhenti minum kopi pada pukul 15.00, atau Anda akan sulit tidur pada malam hari.

5. Jalan kaki agar segar
Saat paling sulit untuk tidur adalah pukul 01.00 dan 03.00, kata pengarang "The Sleep Doctor’s Diet Plan" Michael Breus, PhD.

Jika Anda menguap saat rapat sore hari, keluar dan jalan kaki selama 10 menit.

"Bergerak akan meningkatkan suhu inti dan menstimulasi jantung, otak, dan otot mencegah lemas," kata Michael.

Meski hanya sekedar mondar-mandir di kantor akan membantu tubuh kembali segar.

6. Tidur tepat waktu
Psikolog klinis asal new York Janet Kennedy, PhD mengatakan tubuh manusia memiliki ritme alami saat tidur dan saat bangun.

"Mengubah jadwal tidur untuk mengganti kehilangan waktu tidur di malam sebelumnya akan malah menambah masalah seperti bangun lebih awal bahkan insomnia," kata Janet yang merupakan spesialis gangguan tidur.

Alih-alih langsung tidur setelah makan malam, tidurlah satu jam lebih awal dari waktu tidur normal Anda dan bangun tidak lebih dari sejam waktu bangun normal Anda.

7. Banyak minum
Kurang tidur bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi sebenarnya adalah gabungan kelelahan.

Jadi minum air akan membantu mengurangi kantuk. Minum cukup air sehingga Anda tidak haus dan Anda memiliki urin yang jernih.

Trik lain adalah masukkan beberapa es batu. "Tidak seperti minuman hangat, yang cenderung merelaksasi minuman dingin dapat meningkatkan kewaspadaan karena mereka lebih menyegarkan," kata Kennedy yang dikutip dari http://www.health.com/health/gallery/0,,20567286_9,00.html

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013