Samosir  (ANTARA News) - Wisata Danau Toba  Sumatra Utara berpotensi menyaingi ketenaran Bali dalam bidang kepariwisataan.

"Namun, harus ada penambahan pendukungnya agar Toba mampu bersaing dengan Bali," kata  Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa usai membuka Festival Danau Toba 2013 di Open Stage, Samosir, Minggu.

Menurut dia, harus ada peningkatan infrastruktur, peningkatan sistem transportasi terutama penerbangan melalui Badara Silangit di Kabupaten Toba Samosir.

Selanjutnya, kata dia, melakukan perbaikan sarana dan prasarana serta mengembangkan industri kreatif karena setiap wisawan baik manca negara maupun domistik akan mencari souvenir khas dari Danau Toba.

"Toba dengan kekuatan budayanya akan mendukung ekonomi kreatif," kata Hatta.

Festival Danau Toba 2013 merupakan perpaduan antara budaya dan olahraga. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya festival Sigale-gale, Wolrd Drum Festival, permainan tradisional Marumpasa, paralayan tandem, renang mengelilingi danau dan lomba Solu Bolon.

Wamenparekraf Sapta Nirwandar mengemukakan anggaran dari pemerintah pusat untuk Festival Danau Toba 2013 adalah  Rp2 miliar dan dari pemerintah daerah Rp1,5 miliar selain itu terdapat dana dari sponsor.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013