Hanoi (ANTARA News) - Kongres keempat Perhimpunan Museum Nasional Asia (ANMA) akan diadakan di Hanoi pada Oktober, kata pengelola Museum Sejarah Nasional Vietnam (VNMH) Selasa.

Acara ini merupakan kesempatan bagi VNMH untuk meningkatkan posisi dan pengaruh di dunia, sementara meningkatkan kerja sama dengan museum nasional negara lainnya di wilayah tersebut dan di seluruh dunia.

Selama kongres, anggota ANMA akan memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai kegiatan terkait museum seperti pengumpulan, manajemen, pelestarian, tampilan, penelitian, pendidikan dan pelatihan, hingga membentuk proyek kerja sama multilateral dan bilateral.

Acara tahun ini bertema "Perdamaian, Kerja Sama, Pembangunan" akan berfokus pada bagaimana museum memberikan kontribusi untuk mengubah kesadaran pelestarian warisan dan pengembangan, warisan dan museum pariwisata, serta peran pendidikan mereka.

Dalam rangka Kongres ANMA keempat, Museum Sejarah Nasional Vietnam akan membuka pameran khusus menampilkan orang, sejarah dan budaya anggota ANMA.

Obyek-obyek yang akan ditampilkan dipilih dari koleksi VNMH dan beberapa museum lain di Vietnam.

Dokumen-dokumen dan gambar-gambar yang diberikan oleh anggota ANMA juga akan diperkenalkan di pameran.

Didirikan pada tahun 2007, ANMA bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian dengan menerapkan program kolaboratif tentang kegiatan yang berkaitan dengan museum, berbagi pengetahuan tentang warisan budaya yang disimpan oleh anggota museum dan mendorong pemanfaatan pengetahuan tersebut, memfasilitasi kekayaan budaya Asia yang dikenal secara luas ke seluruh dunia dan pertukaran informasi, sumber daya manusia serta pameran.

Komgres dua tahunan ANMA diadakan secara bergantian oleh masing-masing anggota.

Kongres perhimpunan ketiga diselenggarakan oleh China pada tahun 2011 saat Vietnam terpilih sebagai Ketua ANMA untuk periode 2012-2013, demikian VNA.

(H-AK/M016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013