Kami tidak tahu apakah itu firasat atau bukan...
Tulungagung (ANTARA News) - Keluarga Bripka Sukardi, anggota provost Polair Mabes Polri di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sempat berkomunikasi sebelum korban ditemukan tewas tertembus peluru orang tak dikenal di depan gedung KPK, Jakarta.

"Suami saya (Briptu Supriadi, adik kandung Bripka Sukardi) sempat berkomunikasi via telepon, beberapa jam sebelum peristiwa penembakan terjadi," tutur Sukarti, adik ipar almarhum Bripka Sukardi di Kelurahan Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Rabu.

Tidak dijelaskan materi obrolan yang diperbincangkan kedua anggota Polri kakak beradik berbeda wilayah tugas tersebut.

Sukarti hanya menjelaskan bahwa selama dua-tiga hari terakhir sebelum almarhum ditemukan tewas ditembak, Bripka Sukardi intens menelepon saudara-saudaranya di Tulungagung.

"Terakhir suami saya ditelepon almarhum sekitar pukul 08.00 WIB (Selasa, 10/9). Tetapi karena sama-sama memiliki jadwal piket malam (Selasa malam), mereka bersepakat untuk melanjutkan komunikasi malam harinya, mungkin supaya waktunya lebih longgar untuk berembug," imbuhnya.

Pengakuan serupa disampaikan anggota keluarga Bripka Sukardi yang lain di Tulungagung.

Menurut Toimah, kakak ipar Bripka Sukardi, almarhum tidak hanya aktif menelepon Briptu Supriadi yang bertugas di Polsek Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, tetapi juga kepada saudara-saudaranya yang lain, termasuk sang ibunda Surati (70).

"Kami tidak tahu apakah itu firasat atau bukan, yang pasti beliau aktif menghubungi keluarga di Tulungagung akhir-akhir ini," timpal Toimah.

Diceritakan, mereka pertama kali tahu Bripka Sukardi menjadi korban penembakan orang tak dikenal dari berita kilas (breaking news) televisi swasta nasional.

Briptu Supriadi yang melihat berita duka tersebut pertama kali di televisi, saat berdinas di Mapolsek Sumbergempol. Namun ia belum yakin korban adalah saudaranya dan berusaha menghubungi kakaknya itu, namun tidak ada jawaban meski dicoba berkali-kali.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013