Ini sungguh istimewa. Saya sangat bangga dengan tim ini dan bangga dengan kerja keras tim. Semua pantas mendapatkan hasil ini,"
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS) dan Kosta Rika memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil setelah masing-masing meraih kemenangan dan bermain imbang di penyisihan Zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia), Selasa (Rabu WIB).

AS lolos berkat kemenangan 2-0 atas Meksiko, sementara Kosta Rika menahan imbang Jamaika 1-1. Pada pertandingan lainnya, Panama juga bermain imbang 2-2 dengan Honduras.

Gol yang disarangkan Eddie Johnson dan Donova membuat AS semakin kokoh sebagai yang terkuat di regional CONCACAF.

"Ini sungguh istimewa. Saya sangat bangga dengan tim ini dan bangga dengan kerja keras tim. Semua pantas mendapatkan hasil ini," kata Donovan.

Bagi AS, di mana sepak bola bukanlah olahraga paling populer, sukses lolos ke putaran final Piala Dunia adalah untuk yang ketujuh kali secara beruntun sejak 1990.

Kemenangan meyakinkan atas Meksiko tersebut membuat AS tidak tergoyahkan di puncak klasemen dengan 16 angka, unggul angka atas Kosta Rika.

Honduras harus puas berada di peringkat ketiga dengan 11 angka, sementara Panama menempati peringkat keempat mengungguli Meksiko berkat unggul selisih gol.

Jamaika berada di urutan kelima klasemen setelah mengumpulkan nilai empat.

Johnson membuka kebuntuan pada menit ke-49 melalui sudulan sebelum Donovan kemudian memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-78, melalui tendangan jarak dekat pada pertandingan yang disaksikan 24.000 penonton yang memadati Stadion Colombus Crew.

"Pertandingan berlangsung menegangkan dan penuh resiko, tetapi semuanya sangat haus akan kemenangan," kata Jurgen Klinsmann, pelatih AS asal Jerman.

Kemenangan tuan rumah AS tidak terlepas dari penampilan gemilang penjaga gawang Tim Howard, terutama pada babak pertama.

"Pada babak kedua, tapi tampil fantastis. Kami sadar bahwa kami bisa menciptakan peluang dan kami berhasil," kata Howard.

Pada pertandingan itu, AS kehilangan empat pemain kunci, termasuk pemain tengah Michael Bradley yang harus menjadi penonton akibat cedera pergelangan kaki.

Sementara tiga lainnya tidak bisa diturunkan akibat akumulasi kartu kuning.

Tuan rumah AS sebenarnya berpeluang untuk menang dengan skor 3-0 jika Clint Dempsey tidak gagal memanfaatkan peluang pada menit-menit terakhir.

Kemenangan itu membuat AS memperpanjang rekor tidak terkalahkan dalam 26 pertandingan kandang di penyisihan Piala Dunia, sementara Meksiko mengalami dua kekalahan secara beruntun.

Tiga peringkat teratas Zona CONCACAF langsung lolos ke putaran final Piala Dunia yang akan diikuti 32 negara, sementara peringkat keempat harus bertarung dengan Selandia Baru dalam pertandingan playoff.

Sementara itu Meksiko berada dalam posisi berbahaya dan terancam gagal ke Brazil jika tidak mampu mengalahkan Panama dalam pertarungan "hidup mati" pada 11 Oktober mendatang.

Pada pertandingan di Kosta Rika, Randall Brenes mencetak gol tuan rumah pada menit ke-75, tapi keunggulan tersebut gagal dipertahankan setelah Jermaine Anderson mencetak gol balasan pada detik-detik terakhir.

Sementara itu Honduras sudah berada diambang lolos ke babak kualifikasi, tapi harapan tersebut musnah setelah Panama mampu memaksa pertandingan berlangsung imbang 2-2.

(a032/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013