Jakarta (ANTARA News) - Kedai yang menjual gelato itu terlihat berasap, tapi asalnya bukan dari api, melainkan dinginnya nitrogen cair bersuhu minus 200 derajat Celcius yang menjadi bahan pembeku gelato.

Penggunaan nitrogen cair untuk membuat gelato lebih segar tanpa bahan pengawet membuat gerai Elicxir Nitro Gelato di ajang Anime Festival Asia Indonesia 2013 (AFA ID 2013) di Jakarta akhir pekan lalu tampak berasap.

"Kalau biasanya membuat gelato butuh empat jam, proses dengan nitrogen cair sangat cepat. Dari liquid sampai jadi cukup satu menit. Rasanya lebih solid, lebih creamy karena jusnya beku langsung," kata Jenifer Patricia dari Elicxir Nitro Gelato kepada ANTARA News di sela AFA ID 2013.

Pilihan rasa gelato nitrogen yang ditawarkan juga beragam, bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Ada rasa klasik seperti cokelat dan vanila serta rasa-rasa baru seperti red velvet, cheese cake, atau raspberry vanila.

"Sekarang kami sedang menawarkan rasa pisang. Bahannya segar banget, benar-benar jus buah asli dengan susu segar. Kami membuat daily sehingga rasanya tetap segar," jelasnya.

Jenifer meyakinkan bahwa nitrogen cair merupakan bahan yang aman untuk dikonsumsi karena merupakan bahan alami yang ada di lingkungan manusia.

"Ini semua sudah safe (aman), sudah ada regulasinya. Sebenarnya nitrogen itu kan 80 persen gas yang setiap hari kita hirup dari udara," jelas Jenifer, yang sedang mempersiapkan toko pertama untuk usaha yang dia rintis bersama temannya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013