Jakarta (ANTARA News) - Raksasa Internet yang merambah ke perangkat lunak komputer, Google, mengumumkan hadirnya sejumlah laptop terbaru yang menggunakan sistem operasi buatannya, Chrome.

Beberapa perangkat terbaru yang menggunakan sistem operasi Chrome itu antara lain Chromebook HP, Acer, ASUS, juga Toshiba Chromebook yang dikenalkannya bersama Intel di acara Intel Developer Forum di San Francisco, Rabu (Kamis WIB).

Intel berkepentingan atas hadirnya sejumlah Chromebook itu karena semua menggunakan prosesor Intel yang berbasis pada microarchitecture Haswell.

Google dalam blog resminya menyatakan, Acer Chromebook merupakan perangkat yang menawarkan baterai berdaya lama dan desain baru bervariasi, ringan, serta portabel, sementara HP Chromebook14 yang berlayar lebar juga hadir dalam warna bervariasi.

Toshiba Chromebook menawarkan fleksibilitas dan portabilitas, sedangkan ASUS Chromebook cocok untuk di mana saja ketika pengguna membutuhkan sebuah komputer, kata Google.

Dengan hadirnya beberapa Chromebook terbaru itu, Google mengklaim sudah ada enam produsen laptop papan atas yang sudah menawarkan Chromebook.

Sekali lagi Google mengklaim bahwa lebih dari 5000 sekolah atau mewakili 20 persen sekolah distrik di Amerika Serikat telah menggunakan Chromebook.

Mengutip laporan perusahaan riset NPD, Google menyebutkan bahwa Chromebook telah menguasai sekitar 20 sampai 25 persen segmen komputer berharga 300 dolar ke bawah.

Pewarta: Suryanto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013