Surabaya (ANTARA News) - Pertamina Marketing Operation Region V menjamin ketersediaan avtur selama musim pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji 2013 di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok.

Asisstant Manager External Relation Pertamina Marketing Operation Region V, Heppy Wulansari, Kamis, menjelaskan, pihaknya memperkirakan kebutuhan avtur di Bandara Juanda dan Bandara Internasional Lombok selama musim haji 2013 akan naik pada kisaran 22 persen hingga 28 persen dibanding hari-hari biasa.

"Kami telah menyiapkan segala sesuatunya guna menjamin ketersediaan avtur di dua bandara tersebut demi suksesnya pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji pada tahun ini," katanya di Surabaya.

Rata-rata kebutuhan avtur di Bandara Juanda pada kondisi normal sebanyak 900 kiloliter per hari dan diperkirakan naik menjadi 1.100 kiloliter per hari selama musim haji.

Sementara di Bandara Internasional Lombok, rata-rata kebutuhan avturnya pada kondisi normal sebanyak 70 kiloliter per hari dan diperkirakan naik menjadi 90 kiloliter per hari selama musim haji.

"Salah satu upaya yang kami lakukan guna menjamin ketersediaan avtur itu adalah penambahan mobil tanki pengangkut avtur dan penambahan waktu pelayanan di depot pengisian pesawat udara di dua bandara tersebut," ujarnya.

Penerbangan 64 kelompok terbang (kloter) jamaah haji di Bandara Juanda dibagi dua fase, yakni 10 September hingga 9 Oktober dan 20 Oktober hingga 17 November.

Sementara di Bandara Internasional Lombok terdapat 12 kloter yang juga dibagi dua fase, yakni 10-25 September dan 20 Oktober hingga 5 November.

"Semoga apa yang kami lakukan itu ikut mendukung komitmen pemerintah guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi para jamaah haji, khususnya yang melalui dua bandara tersebut," kata Heppy.

(KR-DYT/B015)

Pewarta: Slamet H
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013