Gresik (ANTARA News) - Tim nasional Laos dibawah usia 19 tahun menundukkan Singapura dengan skor telak 3-0 dalam lanjutan kejuaraan AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Tridharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat petang.

Tiga gol Laos masing-masing dicetak Phithack Kongmathilath pada menit 8 melalui tendangan bebas, Armisay Kettavong pada menit ke 42 dan 89.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama tampil menyerang dan berusaha menciptakan peluang gol di depan gawang.

Memasuki menit ke 8, Laos mendapatkan peluang tendangan bebas, dan kesempatan itu dimanfaatkan Phithack Kongmathilath yang melakukan eksekutor tendangan, dan mampu mengubah skor menjadi 1-0.

Keunggulan satu gol ini mampu memompa semangat tim Laos untuk kembali menambah gol. Dan terbukti pada menit 42 penyerang Laos Armisay Kettavong berhasil mengecoh penjaga gawang Singapura, Sahhul Rayyan sehingga berbuah gol kembali yang mengubah kedudukan menjadi 2-0, dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Singapura yang tertinggal dua gol coba membalas dengan memasukkan Brandon Koh Kim Leong dan menggantikan Tan Zen Yang.

Namun, upaya pelatih Singapura, Dejan Glusevic mengubah strategi itu tidak berbuah hasil.

Sebaliknya melalui serangan balik yang agresif, Laos kembali unggul pada menit ke 89 melalui kaki Kettavong, dan membuat jarak kekalahan semakin jauh menjadi 3-0.

Skor ini pun bertahan hingga wasit Hla Min asal Myanmar meniup peluit panjang tanda akhir babak kedua.

Dengan kemenangan ini, Laos membuka peluang lolos ke babak selanjutnya, sebab kini mengoleksi total 6 poin hasil dua kali kemenangan.(*)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013