Selama 40 hari belakangan, 3.300 orang Suriah, di antara mereka lebih dari 230 adalah anak kecil tanpa pendamping, telah mendarat, terutama di Sisilia
PBB (ANTARA News) - Sebanyak 3.300 orang Suriah telah menyelamatkan diri ke Italia Selatan dengan naik perahu dalam 40 hari terakhir untuk menghindari konflik yang bertambah sengit di negara mereka, kata juru bicara PBB, Jumat (13/9).

"Badan Pengungsi PBB menyaksikan peningkatan tajam orang Suriah yang tiba dengan naik perahu di Italia Selatan. Selama 40 hari belakangan, 3.300 orang Suriah, di antara mereka lebih dari 230 adalah anak kecil tanpa pendamping, telah mendarat, terutama di Sisilia," kata Farhan Haq, Wakil Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

"Sebanyak 670 pengungsi datang selama satu pekan terakhir," katanya.

Kebanyakan pendatang Suriah adalah keluarga yang membawa anak, katanya. Ia menambahkan beberapa orang memerlukan perawatan medis karena dehidrasi dan gangguan lain kesehatan.

Badan Pengungsi PBB memperkirakan sebanyak 4.600 orang Suriah telah menyelamatkan diri dengan naik perahu ke pantai Italia sejak awal 2013 dan sebanyak dua-pertiga jumlah itu tiba pada Agustus saja, demikian laporan Xinhua. Sabtu siang.

Kebanyakan orang Suriah itu berangkat dari Mesir, sedangkan sebagian memulai perjalanan mereka dari Turki, kata Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi di dalam satu pernyataan.

Hingga akhir Agustus, jumlah orang Suriah yang terdaftar sebagai pengungsi atau menunggu pendaftaran adalah 200.000 di Irak, 520.000 di Jordania, sebanyak 720.000 di Lebanon dan 464.000 di Turki, demikian perkiraan PBB.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013