Batam (ANTARA News) - Pemberangkatan Kelompok Terbang atau kloter enam Embarkasi Batam terlambat sekitar 50 menit dari waktu yang direncanakan sebelumnya pada Minggu, pukul 9.30 WIB menjadi pukul 10.20 WIB.

Jamaah yang sudah selesai "boarding" sejak pukul 09.00 WIB terpaksa menunggu lama di dalam pesawat, kata Humas PPIH Embarkasi Batam, Husliman.

"Padahal pesawat sudah tiba di Bandara Internasional Hang Nadim sejak pukul 07.53 WIB. Keterlambatan terjadi dengan alasan operasional, dimana pesawat dalam posisi siap berangkat dan para JCH telah selesai boarding pada pukul 09.00 WIB," kata dia.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Maskapai Penerbangan Saudi Arabian Airlines dan PPIH mengenai alasan keterlambatan.

Karena keterlambatan, maka 450 calon haji asal Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis itu tiba di di Madinah pukul 14.20 Waktu Arab Saudi.

Sementara itu, saat melepas jamaah haji, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh berharap seluruh jamaah menyerap semua ilmu dan pengetahuan yang diperoleh ketika melaksanakan manasik sehingga mampu mengimplementasikannya dengan baik pada saat beribadah dan dapat melaksanakan ibadah secara mandiri.

Ia juga meminta jamah untuk menghemat energi, karena haji memakan waktu dan energi yang besar.

"Hemat energi sehingga selalu sehat, segar sehingga dapat khusu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah," kata dia.

Bupati mengatakan seluruh jamaah agar menjaga kebersamaan satu sama lain dengan memperbanyak silaturahmi dan tolong menolong.

Menurut jadwal, jamaah haji Kloter Enam akan tiba kembali di Tanah Air pada 26 Oktober 2013 pada pukul 11.05 WIB.

Sementara itu, sampai saat ini 2.679 calon haji yang tergabung dalam enam kloter Embarkasi Batam sudah tiba di Tanah Suci.

(Y011/Y006)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013